Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 18 Juli 2012

Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk Dewasa



Posted on .
Survey a was merupakan pendekatan sistematis bantuan hidup dasar. pendekatan ini dapat dilakukan oleh seseorang yang terlatih. Pada tahap ini ditekankan pentingnya resusitasi jantung paru dii dan kejutan jantung dini.
Sebelum melakukan survei awal BHD, anda harus memastikan bahwa lokasi aman untuk diri anda sendiri, untuk korban dan orang lain di sekitar lokasi. Periksa kesadaran korban (RESPON), aktifkan bantuan medis, dan segera ambil AED.
Survei awal BHD adalah pendekatan dengan urutan ABC yang merupakan cara periksa sistematis. Setiap pendekatan diikuti oleh tindakan yang sesuai jika diperlukan. Sewaktu Anda memeriksa dalam setiap tahapan Anda harus berhenti dan memberikan tidakan dahulu sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
Meskipun BHD tidak memerlukan alat yang canggih, namun jika tersedia dapat menggunakan alat yang terdapat di kotak PPGD. Demi keamanan, Anda dapat menggunakan alat pelindung diri dan alat bantu napas seperti face mask.
Berikut ini cara melakukan Survey Awal BHD

1. Periksa Air way atau japan pernafasan ” Apakah Jalan Nafas terbuka?”
·         Buka jalan napas (tengadah kepala dan angkat dagu atau “head tilt chin lift”)
2. Breathing atau Napas ” Apakah ada napas dan pernapasannya cukup?”
·         Lihat, Dengar dan rasakan napas korban.
·         Beri 2 napas buatan. Setiap pemberian napas dilakukan selama 1 detik.
·         Bantuan napas harus membuat dada korban mengembang.
·         Jangan meniup napas terlalu sering dan terlalu banyak.
3. Circulation atausirkulasi ” apakah ada tanda-tanda sirkulasi?”
·         Bila pasien masih belum bernapas, dan belum ada tanda-tanda sirkulasi seperti batuk, pergerakan, atau napas normal, segera lakukan resusitasi jantung paruh (RJP) dimulai dengan kompresi.
4. Defibrilation atau kejut jantung -  ” jika nadi tidak ada, periksa ritme jantung dengan defibrilator manual atau dengan AED?”
·         Bila AED tersedia, segera operasikan AED tanpa menghentikan tindakan RJP, kecuali pada saat analisa ritme oleh mesin dan pemberian syok.
·         berikan kejutan sesuai indikasi
·         Ikuti setiap kejutan segera dengan RJP selama 2 menit dan analisa ritme kembali. AED akan menseleksi jumlah energi yang diberikan secara otomatis. Training sertifikasi penggunaan AED diperlukan untuk orang awam
Dengan memahami Bantuan Hidup Dasar untuk menolong orag dewasa, Anda diharapkan dapat membatu rekan kerja Anda atau bahkan keluarga Anda untuk menyelamatkan hidupnya hingga bantuan medis tipa di lokasi kejadian.
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar