Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Sabtu, 08 November 2014

Pantai Samas Ganti Nama Pantai Gading Mas

pantai samas
Pantai Samas Bantul bakal berganti nama menjadi Pantai Gading Mas. Perubahan itu bertujuan menghapus citra Pantai Samas sebagai sarang prostitusi seperti yang sudah dikenal kalangan luas selama ini.

Kepala Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Wahyu Widodo, menyatakan perubahan nama pantai yang terletak di desanya itu akan diluncurkan Januari mendatang. Bersamaan dengan peluncuran sejumlah objek wisata yang ada di pantai tersebut. Perubahan tidak hanya untuk nama tetapi juga pengelolaan Samas.

“80 persen warga sudah setuju dengan perubahan nama Samas,” paparnya, Rabu (5/11/2014).

Ihwal para pekerja seks komersial (PSK) yang ada di objek wisata itu, Wahyu mengaku tidak akan mengusir tetapi akan dirangkul untuk diajak bekerja di lapak-lapak kuliner. Pemerintah Desa Srigading mencatat jumlah PSK di Samas tinggal lima sampai 10 orang. Sejauh ini sudah ada pendekatan dengan masyarakat Samas sejak April untuk rencana merangkul PSK bekerja di lapak kuliner.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Bambang Legowo mengapresiasi perubahan nama pantai tersebut sehingga perlu semangat warga untuk mengelola Gading Mas nantinya. Mengingat saat ini tingkat kunjungan ke Samas masih kecil sehingga perlu ada perubahan untuk menarik minat wisatawan.

“Dalam sebulan enggak ada ribuan wisatawan di Samas,” paparnya.

Bambang berharap perubahan pantai tersebut dapat sukses seperti Pantai Baru yang ada di Kecamatan Srandakan. Pantai Baru merupakan nama baru dari Pantai Pandansimo yang dahulu lekat dengan prostitusi. Pantai itu kini ramai dikunjungi wisatawan setelah menjadi objek wisata kuliner selain wisata laut.

Konsep Pantai Gading Mas
Wisata laut
Akan dikelola menjadi wahana wisata laut, kuliner dan wisata agro. Di Samas terdapat laguna yang dapat dijadikan wisata air saat pergantian nama diluncurkan Januari 2015. Di sana pula akan dibangun pondok-pondok kuliner.

Lahan pasir
Selain menikmati wisata laut dan kuliner, wisatawan dapat menikmati agrowisata berupa pertanian lahan pasir dengan produk seperti bawang merah dan cabai. Konsep ini membedakan Gading Mas dengan wisata pantai lain di Bantul. Setelah bangunan tempat pelelangan ikan jadi, Pemdes Srigading juga berniat membentuk kelompok sadar wisata.

Sumber: Pemdes Srigading
http://www.jogja.co/pantai-samas-ganti-nama-jadi-gading-mas/
 Google Ping

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar