Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 09 Desember 2014

Fakta Menarik Tentang Khasiat dan Manfaat Undur Undur

Undur-undur salah satu jenis hewan serangga yang saat ini sangat sulit di jumpai di perkotaan, hewan jenis serangga dengan nama latin Myrmeleon ini mempunyai fakta yang unik dan menarik untuk kita ketahui. Salah satu khasiat dan manfaat undur undur dalam mengobati berbagai penyakit. Masih inget ketika jaman dulu rumah masih "gedek" alias rumah bambu yang masih berlantaikan tanah. Hampir di setiap pojok ruangan yang berpasir atau bertanah gembur pasti di temui hewan undur-undur ini.

Sekilas mengenai hewan undur-undur ini, hewan yang berjalan mundur ini merupakan larva dari capung kalau bahasa jawanya kinjeng. Pada masa muda undur-undur hidup di tanah hingga menjelang dewasa bermetamorfosis menjadi capung dan berdayap. Jadi undur-undur mengalami proses metamorfosis setelah dewasa sehingga serangga ini bisa di bilang metamorfosis sempurna. Undur-undur mendapatkan makanan dari serangga yang lebih kecil darinya biasanya semut yang terjebak di rumahnya, perlu di ketahui bahwa undur-undur mempunyai rumah yang berbentuk cekung seperti kerucut terbalik yang memang di sengaja untuk menjebak mangsanya.

Apa saja hal yang unik dan menarik dari undur-undur ini,

  • Berjalan mundur, hehe namanya undur-undur di sebut seperti itu karena berjalan mundur
  • Hewan larva yang mengalami metamorfosis sempurna dari berbentuk larva yang hidup di tanah menjadi capung yang bersayap dan bisa terbang
  • Khasiat undur-undur sebagai obat seperti diabetes, stroke, darah tinggi, dan rematik.

Undur darat (Myrmeleon sp) 2006, binatang ini mengandung zat sulfonylurea.Kerja sulfonylurea pada undur-undur adalah melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Karena, ketika insulin dalam tubuh manusia menurun sementara kadar glukosa darah meningkat, maka terjadi ketidak seimbangan di dalam tubuh dimana insulin sebagai penghasilenergi tubuh terus berkurang.

Itu tadi mengenai fakta menarik dari hewan bernama undur-undur yang jarang kita temui. trims

narik undur undur] Google Ping
Artikel Terkait

1 komentar :