Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 09 Desember 2014

Kretek Munyok Pun Di Jadikan Kawasan Industri Di Piyungan

Kretek Munyok hehe lucu ya namanya, yo memang itu kok namanya. Kretek munyok itu merupakan suatu tempat yang berada di pedukuhan Jolosutro, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Kurang tau yach, kenapa punya sebutan kretek munyok. Kalau jaman dulu sih daerah ini terkesan karena keangkerannya apalagi waktu dulu listrik belum ada hiii..., ya karena di daerah ini tidak ada rumah yang ada adalah tanaman tebu milik pemerintah sehingga kalau malam hari terlihat gelap dan suram.

Isu mengenai kawasan industri ini muncul beberapa bulan lalu ketika ada wacana pembangunan pabrik handphone dari Taiwan, kalau desas desus pembangunan pabrik itu memang sudah dari dulu kalau tidak salah itu mimin masih seumuran SD jadi 20 tahunan lebih rumor itu ada.

Oke, kira-kira apa sih kawasan industri itu? Berdasarkan PP 24/2009 pengertian Kawasan Industri adalah kawasan tempat pemusatan kegiatan industri yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang yang dikembangkan dan dikelola oleh Perusahaan Kawasan Industri yang telah memiliki Izin Usaha Kawasan Industri.
Dari pengertian tersebut, disebutkan "sarana dan prasarana penunjang" yang antara lain; jalan yang memadai, pengolahan air bersih dan kotor, jaringan listrik, jaringan telekomunikasi dan jaringan gas sehingga pabrik yang masuk di kawasan industri tersebut bisa mendapatkan sarana dan prasarana tersebut.

Sekarang kira-kira apa yang perlu di cermati dengan masalah tersebut;

  • AMDAL atau Analisa Mengenai Dampak Lingkungan yaitu merupakan suatu proses studi formal yang di pergunakan untuk memperkirakan mengenai dampak terhadap lingkungan oleh adanya rencana kegiatan atau pembangunan proyek. Fungsi dari AMDAL menunjukkan suatu tempat yang layak pada suatu wilayah dan pengaruhnya, sebagai pertimbangan masukan dan pengambilan keputusan sejak awal, sebagai arahan dan pedoman mengenai pelaksanaan rencana pembangunan
  • CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan konsep organisasi baik itu perusahaan ataupun badan usaha lain yang memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap para pemangku kepentingan dalam hal ini bisa berarti karyawan, konsumen, pemegang saham, komunitas sekitar dan lingkungan yang mencakup berbagai aspek seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan itu sendiri. Biasanya CSR ini di bentuk dengan membuat program-program dan rencana yang di buat oleh perwakilan dari masyarakat sekitar dengan pihak humas perusahaan.
  • Tenaga Kerja, dengan di bangunnya kawasan industri hal ini akan memberikan peluang terhadap lapangan kerja. Dalam hal ini perusahaan harus memberi porsi yang cukup mengenai jumlah atau prosentase tenaga kerja lokal maupun luar daerah, baik tenaga ahli, non skill dengan mengacu Undang-Undang yang berlaku. 
  • Kemajuan daerah sekitar, dengan di bangun sebuah pabrik hal yang perlu di perhatikan juga yaitu mengenai kemajuan daerah  sekitar kawasan tersebut

Itu tadi sekilas mengenai rencana kawasan industri di  kretek munyok,.. hehe. Dengan memperhatikan beberapa point di atas semoga pembangunan kawasan industri tersebut bisa bernilai positif.

Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar