Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 28 Januari 2015

Berbagai macam manfaat bambu

Siapa yang tak kenal bambu? Tanaman yang sedikit rimbun dan banyak mempunyai bulu bulu halus yang membuat gatal gatal di badan ini mempunyai banyak sekali manfaat. Namun sebelumnya perlu kita ketahui jenis-jenis bambu, karena beda jenis bambu beda pula manfaat dan kegunaannya. Alangkah baiknya kita ulas satu per satu.
Bambu di seluruh dunia mempunyai 1250 jenis yang telah di identifikasi, namun hanya beberapa saja yang cukup di kenal oleh masyarakat terutama di Indonesia. Ada 4 jenis bambu yang memiliki karakter dan manfaat yang berbeda antara lain sebagai berikut:
  1. Bambu Apus, bambu yang sering di jadikan untuk bahan kontruksi ini mempunyai sifat yang liat dengan diameter kecil sekitar 40-80 mm dan jarak antar ruas sekitar 65 cm.
  2. Bambu Petung, dengan ciri-ciri berdiameter 80-130mm dan panjang antar ruas 10-20cm. Jenis bambu ini mempunyai dinding yang relatif tebal dan sering di gunakan untuk tiang maupun palang bangunan.
  3. Bambu Wulung, berwarna kehitaman dengan diameter 40-100cm. Panjang ruas mencapai 65 cm, lebih cocok di gunakan sebagai palang bangunan kagrena sifatnya yang tidak begitu liat.
  4. Bambu Duri, diameter 75-100mm bisa mencapai panjang 9 hingga 18 meter. Bambu yang kuat dan besar ini cocok dan dapat di terapkan untuk hampir semua kontruksi pada bangunan.

Adapun beberapa manfaat dari bambu adalah

  • Dari beberapa jenis bambu tadi memiliki manfaat yang baik sebagai benteng erosi. Bambu mempunyai kemampuan memperbaiki kondisi lahan terutama di daerah aliran sungai.
  • Sumber tangkapan air yang sangat baik sehingga secara nyata dapat meningkatkan cadangan air tanah.
  • Bagian batang bambu yang yang sudah tua biasanya di gunakan untuk memasak. Di kebudayaan adat tertentu sup dan beras di masak di dalam batang bambu dengan yang di paparkan ke api sampai matang. Hal ini di percaya akan menghasilkan rasa yang berbeda.
  • Peralatan rumah tangga banyak yang memakai bahan dasar bambu seperti, spatula, besek, entong, bakul nasi, tampah, perangkap ikan, tempat kue, topi bambu atau caping.
  • Manfaat lain bisa di buat furniture khas dari bambu seperti meja, kursi, lemari rak, tempat tidur.
  • Aneka macam kerajinan dari bambu berupa anyaman dan ukiran yang mempunyai nilai seni yang tinggi.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar