Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 10 Februari 2015

Ular Besar Itu Ada di Kalimantan Timur

Ular besar itu ada di Kalimantan Timur, yups kali ini saya akan share tentang pengalaman saya ketika bekerja di sebuah perusahaan tambang batubara di Propinsi Kalimantan Timur, tepatnya di sebuah hutan yang masih berada di kecamatan Kota Bangun, Kalimantan Timur.

Berawal dari iseng-iseng membuka file file komputer yang telah lama tersimpan di hardisk saya menemukan foto kenangan ketika masih kerja di sebuah pertambangan batubara. Masih tertera dengan jelas di folder tempat menyimpan foto tersebut  pada 20 juli 2007, sebenarnya masih ada foto-foto yang lain mengenai hasil jepretan dari ular tersebut namun dua foto tersebut cukup menjadi bukti tentang adanya ular besar di kalimantan timur ini.

Ok, singkat cerita ketika itu ada seorang helper bagian environment yang bertugas untuk reklamasi lahan bekas tambang yang melihat adanya penampakan aneh di belakang sebuah persemaian bibit-bibit pohon akasia, sebut saja Pak Syahrani. Pak Syahrani ini tiap hari bertugas untuk melakukan pembibitan beberapa pohon dan tanaman untuk di jadikan penanaman pada lahan-lahan bekas tambang, biasanya sengon, akasia, dan beberapa tanaman keras lainnya.

Singkat cerita ketika pagi mulai beraktifitas, seperti biasa pak Syahrani melakukan penyemaian bibit-bibit yang sudah siap di tanam, satu persatu tanaman di siram dan di beri pupuk. Setelah itu kembali dengan membawa cangkul dan baglog yang masih kosong untuk melakukan pembibitan kembali, satu persatu bibit tanaman di masukkan ke dalam baglog kemudian diisi oleh tanah yang sudah di beri campuran kompos yang agak gembur. Lumayan lah hari itu sebelum sore pembibitan sudah selesai tinggal waktunya santai, iseng-iseng pak syahrani pergi mencari bibit-bibit tanaman akasia yang ada di hutan untuk di ambil dan di bawa ke persemaian. Namun di saat bersamaan dia melihat ada sesuatu yang aneh ada di atas pohon akasia tak jauh dari dia berdiri, ketika di lihat dengan seksama ternyata ada ular besar sedang mencari sesuatu untuk mangsa.


Di perhatikan bener-bener ular tersebut dari kejauhan sampai ular itu kembali ke sarangnya. Mengetahui letak persembunyian ular tersebut pak Syahrani pun mempunyai niat untuk manangkap ular itu. 


Ular besar di Kalimantan Timur memang banyak di jumpai salah satunya yang ada di foto tersebut, menurut cerita penduduk setempat memang dulu sebelum terjadi kebakaran hutan tahun 1997 di daerah tersebut memang banyak di temui ular-ular besar konon bisa sebesar pohon kelapa.. he gede bener.

Di sela sela kesibukan melakukan pembibitan pak syahrani memikirkan bagaimana caranya menagkap ular tersebut, akhirnya dia berdiskusi sama teman yang ada di mess untuk menangkap mati dengan cara di bunuh. Sore hari setelah pekerjaan selesai dia menyiapkan sebuah parang, korek api. Kemudian mendatangi tempat di mana makhluk melata itu bersembunyi, setelah itu pak Syahrani membuat obor berasap untuk memancing ular itu keluar. Betul juga ide brilian tersebut, obor di sulut kemudian asapnya di sebul-sebulkan di depan liang persembunyaian ular tersebut, tidak berapa lama maka keluarlah kepala ular itu berusaha untuk lari dari persembunyiannya maka dengan sigap pak Syahrani melayangkan sebuah parang ke arah kepala ular tersebut, alhasil matilah ular tersebut di tempat kemudian di tarik keluar dan di masukkan ke dalam karung dan di bawa ke pos jaga tak jauh dari lokasi tersebut.
Di situ di bukanya bungkusan karung besar dan di keluarkan nya  hasil tangkapan waktu itu. Karena kami penasaran maka saya coba lihat, kurang lebih ular tersebut sekitar 7 meter dan bisa di pastikan bobotnya bisa lebih dari 50 kg. Namun waktu itu dengan buru-buru ular di masukkan lagi ke karung dan di bawa ke kampung tempat pak Syahrani tinggal. Ya biasanya hasil buruan dari hutan tersebut di jadikan santapan makan malam.

Trims


Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar