Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 02 September 2015

Cara Mengurus Surat Pindah Penduduk Antar Propinsi

Kali ini saya coba share bagaimana caranya mengurus surat pindah. Dalam hal kependudukan dan beberapa keperluan yang menyangkut dengan administrasi terkadang kita di haruskan untuk mengurus surat pindah penduduk sebagai salah satu cara untuk memenuhi persyaratan tersebut. 

Salah satu contoh seperti yang saya alami sendiri ketika akan memenuhi persyaratan ketika akan nikah, berhubung calon istri beda propinsi maka harus mengurus surat pindah dulu. Begini singkat proses dan cara mengurusnya:

  1. Meminta surat pengantar dari pak rt setempat domisili awal, disini pak rt akan membuatkan surat pengantar yang berisi keterangan nama dan tempat tujuan pindah serta alasan kepindahan
  2. Datang ke kantor kelurahan tempat tinggal saat itu, isi form pindah penduduk dengan data sesuai dengan kk, setelah selesai tinggal meminta tanda tangan dan cap kelurahan.
  3. Ke kantor kecamatan menyerahkan berkas dari kelurahan tersebut, waktu itu saya nunggu sehari untuk mengambil berkas yang di berikan oleh pihak kecamatan. Berkas ini di fotocopy 3 lembar untuk di serahkan ke kecamatan dan catatan sipil.
  4. Berkas dari kecamatan di kirim ke catatan sipil, jangan lupa di sertakan kk asli+fotocopy,ktp asli+fotocopy dan tunggu waktu pengambilan berkas selanjutnya
  5. Setelah berkas dari catatan sipil selesai, kita tinggal mengurus surat di tempat tujuan pindah.
Itu tadi sedikit catatan yang pernah saya alami, sebenarnya sangat simpel untuk mengurusnya namun karena banyak yang belum tahu jadi perlu saya share di sini.
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar