Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Sabtu, 16 Februari 2019

Cara Membuat Pot Bunga Dari Handuk Bekas

Cara Membuat Pot Bunga Dari Handuk Bekas, sangatlah mudah dan tidak ribet. Kerap kali kita ingin memper indah dan mempercantik ruangan atau halam rumah kita, biasanya kita memilih untuk menanam berbagai macam bunga sebagai hiasan dekorasi rumah dan halaman anda, dan kebanyakan dari kita memilih untuk membeli pot-pot bunga yang mempunyai bentuk dan warna yang biasa saja.

Di sini saya mencoba berbagai tips mengenai cara membuat pot bunga dari kain handuk bekas yang sudah tidak terpakai, sebenarnya cara ini sudah banyak di lakukan oleh orang lain tetapi tidak ada salahnya saya bahas di sini mengenai cara pembuatannya dan bahan apa saja yang di butuhkan. Kalau anda penasaran dan pengen lihat vidoenya bisa lihat di bawah ini atau Link ini Cara Membuat Pot bunga dari handuk bekas



Pertama tama maka kita arus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu yakni:

  1. Semen
  2. Handuk bekas yang sudah tidak di pakai
  3. Air kran
  4. Cetakan: bisa berupa bekas emer rusak,atau wadah yang lainnya
  5. Plastik atau kertas bekas ( koran bekas, dll)
  6. Cetok atau pengaduk.
  7. Tiang penyangga bisa berupa kayu atau bambu
Cara pembuatannya yaitu:
Langkah 1.
  1. Persiapkan cetakan berupa ember bekas atau cetakan lainnya kemudian tutup plastik atau koran bekas yang sudah tidak dipakai. Hal ini berfungsi agar hasil cetakan tidak terlalu lengket dengan wadah / ember sebagai cetakan.
  2. Taruh ember sebagai cetakan tadi dengan posisi tengkurap dan letakkan di atas tiang penyangga. Bisa setinggi 1 meter atau setengah meter tujuanya agar handuk bisa menggantung dan tidak menyentuh dengan tanah.
Langkah ke 2:
  1. Buat adonan dari semen dengan di beri campuran air kira kira 1:1, tidak terlalu encer namun juga tidak terlalu pekat. Aduk adonan sampai merata dan bercampur semuanya.
  2. Lumuri handuk bekas dengan adonan semen tadi sampai merata dan usahakan tidak ada yang tertinggal, sebaiknya di lumuri dengan adonan semen tadi hingga 2 sisi agar memperoleh hasil dengan baik.
  3. Taruh handuk yang sudah di lumuri dengan adonan semen tadi di atas wadah ember yang sudah di siapkan dan sudah berada di atas tiang dengan posisi terbalik. Taruh sperti ketika menjemur pakaian.
  4. Jangan lupa di beri lobang pada handuk untuk cetakan tadi supaya nanti hasil dari pot bunga bisa untuk keluar rembesan air ketika melakukan penyiraman
  5. Usahakan posisi handuk membentang dan tengah-tengah handuk tepat di pantat ember cetakan.
  6. Rapikan posisi handuk beserta lipatan-lipatannya sesuai dengan bentuk yang di inginkan.
  7. Jemur di tempat yang panas matahari dan tunggu hingga kering, biasanya membutuhkan waktu selama sehari atau dua hari.
Langkah 3:
  1. Lepaskan hasil cetakan dengan hati-hati. Agar tidak terdapat pecah-pecah maka pada saat pelepasan dari cetakan di pastikan pot tadi sudah keras dan kering.
  2. Setelah hasil dari cetakan pot sudah berhasil di lepas, bisa juga di ambahi lumuran adonan semen seperti pada langkah ke dua supaya hasil lebih kuat dan terlihat lebih tebal.

Lakukan pengecatan, sering kali kita lihat bahwa biasanya pot bunga kadang terlihat simple dan tidak ada jiwa seninya. Hasil dari cetakan tadi akan terlihat kurang menarik apabila tanpa di lakukan pengecatan atau pewarnaan. Supaya terkesan lebih bagus dan cocok untuk hiasan taman atau halaman rumah anda maka lebih baik di beri warna dengan pengecatan atau di semprot pilox dengan warna sesuai selera.
Langkah 4:
  1. Lakukan pengecatan. (bila perlu ) 
  2. Kombinasi pengecatan, akan menarik apabila menggunakan warna yang cerah dan menyala.
Setelah di lakukan perwarnaan maka tunggu hingga kering dan pot bunga bisa di pakai.





Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar