Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 10 Oktober 2018

Cara Sederhana Mengusir Lalat Buah Dengan Kapur Barus

Mengusir Lalat Buah Dengan Kapur Barus? 

Lalat buah memang sangat merugikan para petani ketika mendekati panen tiba. Bahkan berapa kerugian yang banyak di rasakan oleh para petani ketika memasuki masa panen tiba dengan banyaknya buah yang berjatuhan dan membusuk akibat sengatan lalat buah ini

Namun tidak semua orang menyerah. Beberapa orang benar-benar mencoba untuk mempelajari karakter hama ini sehingga mereka dapat menemukan formulasi untuk dipecahkan. Salah satunya adalah Robert Sinuhaji.

Cara Sederhana Mengusir Lalat Buah Dengan Kapur Barus
Buah siap panen

Robert mengatakan, ia memiliki ladang sekitar 4.000 pohon jeruk. Dari jumlah tersebut ini, 800 pohin mulai berbuah buah. Di tengah dahsyatnya serangan lalat buah, Robert tetap optimis. Ia mengaku memiliki tips khusus untuk mengatasi hama yang sangat mengganggu petani.

Cara Sederhana Mengusir Lalat Buah Dengan Kapur Barus

"Saya belajar dari mereka yang berhasil mengalahkan citcit," kata alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hingga saat ini, katanya, dibandingkan dengan jeruk biasa, hama yang menyerang sawah itu kurang. Jika di rata-rata, dalam satu pohon hanya sekitar lima buah gugur karena serangan lalat buah tersebut.

Hal ini bisa terjadi karena mereka membuat perawatan khusus untuk tanaman jeruknya. Menurutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangkal serangan Citcit tersebut.

Pertama, tanaman jeruk disemprot dengan pestisida yang mempunyai bau menyengat karena aroma ini yang tidak disukai lalat buah, misalnya, mengandung bahan aktif asefat. Semprotkan pestisida yang mengandung asefat tersebut ke tanaman buah secara efektif lalat buah tidak akan suka dengan bau yang menyengat.

Upaya lain yang bisa dilakukan olehnya adalah dengan menggunakan lem tikus. Sayangnya, yang datang bukan lalat betina tetapi lalat jantan. Ada juga beberapa petani yang menggunakan lem tikus dicampur dengan bensin untuk mencegah lalat betina.

Namun menurutnya, sebaiknya harus ditempatkan di luar kebun. Setelah disemprotkan dalam botol plastik, bisa di lihat berapa banyak lalat betina dapat ditemukan.

Ada juga petani yang menggunakan kapur barus untuk mengusir lalat buah ini sampai lahan perkebunannya terbebas dari lalat buah, kapur barus yang di giling halus dan di semprotkandi tiap tiap pohon sangat efektif untuk mengusir lalat buah.

Robert mengatakan mereka tidak mencoba membasmi lalat buah. Salah satu upayanya adalah mengendalikan citcit dengan melihat kelemahan kelemahan serangga tersebut.

Ada juga beberapa petani yang menerapkan dengan menaruh kapur barus ke dalam plastik yang di gantung di pohon -pohon yang mulai berbuah dengan memberi lobang supaya bau dari kapur barus bisa menyebar di sekitar pohon.

Beberapa petani terkadang menggunakan asap sebagai cara mengusir lalat buah secara alami pada titik-titik tertentu di kebun untuk mengurangi serangan lalat buah. Ini terutama dilakukan sebelum panen.

Simpelkan mengusir lalat buah bengan kapur barus?
Dari beberapa uraian di atas terlihat bahwa kapur barus juga mempunyai peran yang efektif untuk mengusir lalat buah di samping cara lainnya. Selain itu juga dapat mengurangi biaya pengeluaran dari pada membeli pestisida yang harganya lebih mahal.

Perangkap Lalat Buah Dengan Lem Tikus

Selain cara di atas ada juga cara yang lebih simple dan manjur untuk membasmi lalat buah, tapi cara ini bukan dengan mengusirnya namun dengan perangkap lem tikus. Cara seperti ini sudah sering di lakukan oleh banyak petani dalam menangani masalah lalat buah yang menyebabkan gagal panen.
Cara Sederhana Mengusir Lalat Buah Dengan Kapur Barus
Perangakap Lalat buah

Sebenarnya cukup sederhana caranya, sebelumnya perlu anda siapkan bahannya yaitu: lem tikus, petrogenol, botol aqua atau botol lainnya, dan tali rafia. Kemudian lakukan langkah langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan botol aqua, dan hilangkan labelnya.
  2. Oleskan petrogenol menyeluruh ke bagian luar botol tersebut
  3. Oleskan lem tikus di bagian luar dari botol tersebut hingga merata.
  4. Ikat botol yang sudah di olesi tadi dengan tali rafia dan gantung di atas pohon atau tanaman yang mulai berbuah.
Cairan petrogenol akan menarik bagi lalat buah untuk mendekatinya sehingga lalat buah akan menempel terkena jebakan lem tikus yang sudah di oleskan di botol tersebut.

Dari Blog sebelah http://kebun-kecil.blogspot.com berikut ini:

Membuat Perangkap Lalat Buah Sederhana

perangkap lalat buah
Perangkap lalat buah

Salah satu cara menghadapi lalat buah adalah dengan membuat perangkap. Ada banyak cara membuat perangkap lalat buah bisa kamu cari di internet. Namun cara yang akan saya peragakan ini adalah yang terbaik menurut saya. Kelebihannya adalah : mudah dibersihkan, dan mudah diganti isinya. Perangkap lalat buah ini sangat mudah pembuatannya. Biayanya pun nyaris tidak ada kecuali untuk membeli atraktan.

Bahan yang harus disiapkan :
  • Wadah untuk perangkap. Cari yang ukuran buka tutupnya cukup lebar seperti toples bekas makaroni, Bila tempat buka tutupnya sempit seperti botol minuman, akan sulit digunakan. Cari yang bening agar mudah dikontrol
  • Kawat. Cari yang mudah didapat saja. Yang penting cukup kaku.  Saya manfaatkan kawat bekas hanger baju. 
  • Atraktan (cairan methil eugenol pemikat lalat). Saya gunakan yang banyak dijual ditukang tukang tanaman pinggir jalan yaitu PETROGENOL. Harganya Rp. 15.000
  • Tisu
atraktan petrogenol
cairan atraktan

membuat perangkap lalat buah
Tisu digulung

perangkap lalat
wadah bekas makaroni


Cara membuatnya :
  • Lubangi tutup wadah tepat ditengahnya. Caranya terserah. Lebih mudah menggunakan solder atau besi panas.
  • Masukkan kawat. Ukur ujungnya kira kira menggantung setengah wadah saja. 
  • Ganjal kawatnya (beri penahan agar tidak melorot naik turun). Saya mengganjalnya dengan lem tembak (hot glue). 
  • Lubangi botolnya kira kira sebesar kelingking. Nanti lalat akan masuk dari situ. Tidak usah banyak banyak lubangnya. Saya buat hanya tiga.
  • Selesai. Alat sudah siap.
Cara membuat perangkap lalat
Tutup saya lubangi dibagian tengah, kemudian dimasukkan kawat kedalamnya. Selanjutnya diberi penahan agar tidak melorot. Saya gunakan lem tembak (hot glue) yang terlihat seperti cairan bening itu.

lalat buah
Buatkan lubang untuk pintu masuk lalat. Tidak usah banyak banyak. Buat saja 3 lubang sebesar kelingking.
  
perangkap bactrocera
Jadi kira kira seperti ini
  
Cara menggunakannya.
  • Gulung selembar tisu, kemudian jepit dengan ujung kawat.
  • Teteskan cairan atraktan  methil eugenol (PETROGENOL atau merek apa saja) sedikit saja, tidak usah banyak banyak. Kira kira dua atau tiga tetes.
  • Masukkan pelan pelan kedalam wadah perangkap, kemudian tutup erat erat wadahnya. Wadah itu sebelumnya sudah diisi air setengahnya. Perhatikan jangan sampai tisunya tercelup ke air karena akan mengurangi kekuatan PETROGENOL
  • Gantung ditempat strategis.
umpan bactrocera
Jepit dulu tisunya baru diberi atraktan. Biar mudah saja masangnya.

ratusan lalat buah
Isi air. Lalat lalat akan berjatuhan kedalamnya


    Dimana menggantungnya? 

    Mencari lokasi tempat menggantung perangkap ini agak memerlukan kejelian juga. Bila di gantung dekat pohon, lalat akan menyerbu perangkap, dan menyerbu pohonnya juga, meskipun lalat menjadi lebih jinak dan gampang ditangkap.

    Saran saya, gantunglah perangkap itu agak jauh dari kebun cabe. Kira-kira 2 meter darinya.
    Catatan Penting :
    1. Jumlah lalat yang terperangkap sangat tergantung lokasi. Kebetulan kebun saya yang cuma secuil, berdampingan dengan kebun orang lain yang sangat luas. Sehingga lalat yang terperangkap sangat banyak. 
    2. Cairan methil eugenol merek PETROGENOL ini sangat kuat. Semua benda yang terkena kontak cairan ini, akan dikerubungi lalat buah... termasuk tanganmu. Jadi kerjakanlah dengan rapi, bersihkan yang tercecer, dan cuci tangan setelah menggunakannya.
    3. Lalat yang terperangkap akan tercebur ke air dan mati teggelam. Ia akan mengeluarkan bau sangat busuk dalam waktu 3 hari. Jadi harus sering sering dibuang dan diganti airnya. Kalau tidak ingin bau dan malas membuang, gunakan saja minyak goreng.
    4. Gunakan masker ketika menggunakannya. Karena bagaimanapun PETROGENOL adalah cairan kimia.  
    5. Membuka tutup PETROGENOL agak membingungkan bagi yang belum pernah. PETROGENOL ditutup dengan karet, kemudian dilapisi dengan aluminium foil. Untuk membukanya, kupas dulu aluminium foilnya. Sebaiknya jangan dikupas sampai habis, karena ia berfungsi sebagai pengunci tutup karetnya. Bila dikupas habis, maka tutup karetnya akan terus menerus melompat. 
    bactrocera sp
    Merubung bekas petrogenol

    bactrocera dorsalis
    Merubung bungkus Petrogenol

    hama buah cabe
    Merubung lap bekas petrogenol

    perusak buah cabe
    Merubung tangan karena belum cuci tangan
      Demikian, sedikit berbagi pengalaman membuat perangkap lalat buah, mudah mudahan bermanfaat.

      Google Ping
      Artikel Terkait

      Comments
      0 Comments

      0 komentar :

      Posting Komentar