Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 30 Oktober 2018

Apa Manfaat Buah Ciplukan Dan Bagaimana Cara Mengolahnya?

Sekarang sudah mulai banyak orang yang mengenali apa manfaat dari buah Ciplukan dan bagaimana cara membuatnya  menjadi ramuan obat yang sederhana. Tanaman herbal ini, juga dikenal juga sebagai Physalis Minina, termasuk famili tanaman Solanaceae. Dalam bahasa Inggris disebut Morel berry, nama lainnya di berbagai daerah adalah ceplukan, Cecendet, Yoryoran, Lapinonat, Angket, Kepiting, Kepiting, Dedes, dan Leletokan. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman ini, meskipun tanaman ini adalah gulma atau penganggu.

Tanaman ini berkembang luas dan tersebar di mana mana sehingga liar dan menjadi penganggu bagi para petani, tumbuh di antara semak-semak belukar yang berada di kebun Anda. Tetapi sekarang di tengah tengah kota tanaman itu sulit untuk di temukan. Orang jaman dahulu yang lebih tua telah menggunakan bahan herbal ini yang terbuat dari Ciplukan, termasuk buah dan daun. di bawah ini adalah beberapa manfaat ciplukan yang dapat diterapkan sebagai pengobatan diabetes, bisul,  penyakit paru-paru dan epilepsi.
manfaat ciplukan dan cara mengolahnya
Buah Ciplukan

Apa Manfaat dari Buah Ciplukan dan bagaimana prosesnya pegolahannya?

Tanaman Ciplukan sebagai obat analgesik atau penghilang nyeri. Ini juga memiliki potensi peluruh urin atau sekresi diuretik, menetralisir racun, dan mengatasi batuk. Sifat lain dapat mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh dan sebagai anti tumor. Jenis Tanaman Ciplukan banyak, salah satunya adalah Physalis Viscosa yang mengandung racun dan bisa digunakan untuk pestisida alami.

Tanaman Ciplukan memiliki kandungan kimia berupa asam Chlorogenic, asam sitrat, fisalin, flavonoid, saponin, polifenol.  Buah cipluka juga mengandung asam malat, alkaloid, tanin, cryptoxanthine, vitamin C dan gula. Biji ciplukan mengandung asam Elaidic. Bahan herbal digunakan untuk beberapa penyakit, manfaat dari Ciplukan dan prosesnya:
  • Pengobatan hipertensi. Sediakan 5 gram daun kering dari ciplukan dan ditambah 110 ml air. Kemudian campuran direbus hingga 10 hingga 15 menit dan aduk hingga rata. Setelah selesai, saring raman tersebut, dan minum satu dosis sekitar 80-100 ml. Minm ramuan tesebut dua kali sehari pada setiap pagi dan malam, ramuan ini tidak boleh melebihi dari 24 jam.
  • Pengobatan Diabetes. Sediakan 10 gram herbal dan 400 ml air. Buatlah ramuan dan minum dosis yang sama seperti cara mengobati hipertensi.
  • Pengobatan borok dan bisul. Sediakan 1 genggam herbal ciplukan , 1 sendok teh adas puosari, 1 lembar daun sirih dan ditambah garam sedikit. Campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi satu dan lembut, lalu oleskan pada bisul. Untuk borok, gunakan 1 genggam daun ciplukan dan 2 sendok makan daun sirih. Bersihkan dan haluskan keduanya dan tempelkan ke bagian borok yang sakit.
  • Pengobatan Diabetes Mellitus. Ambil tanaman ciplukan yang sudah berbuah beserta akar-akarnya kemudian di bersihkan. Tanaman tersebut direbus dengan 3 gelas airbersih sampai air mendidih hingga menjadi  1 gelas. Campuran itu kemudian disaring dan diminum sekali sehari.
  • Nyeri di dada terkait dengan paru-paru, seperti pernapasan. Ambil tanaman ciplukan beserta buah dan akar, lalu rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Saring ramuan ini dan minum 1 cangkir 3 kali sehari.

Ciplukan, tanaman ini memiliki sejarah panjang sebagai tanaman obat di India dan Timur Tengah. 

Sebagai tanaman herbal, daun buah ciplukan dapat mengurangi ukuran tumor atau kanker, menyembuhkan bisul, dan mengobati bisul. manfaat dari Ciplukan dan bagaimana prosesnya dapat bervariasi, termasuk penyakit gusi, Ayan dan pendarahan, dengan hanya makan 10 buah setiap hari.

Harga Buah Ciplukan Selangit

Dulu buah ciplukan sering kali hana di biarkan saja karena di anggapnya oleh petani merupakan tanaman gulma yang merugikan. Walaupun jaman itu sering ada yang jual di warung-warung kecil namun saat ini jarang sekali kita temui. Hal ini karena tidak begitu menarik di pedesaan.

Namun barang kali kita akan kaget apabila menemui di mal-mal kota besar seperti di Jakarta harga buah ciplukan yang selangit.


Seperti yang di muat di Bangkapos.com yang menyebutkan apabila di Brunei sebiji buah ciplukan bisa di hargai Rp10.000,- Sementara di mall kota besar di Jakarta sekilonya mencapai Rp. 500 ribu, fantastis..ya...

Oleh karenanya sekarang ini mulai banyak yang mencoba mengeluti usaha ini walaupun masih tergolong jarang. Seperti yang di lakukan oleh Agus saat di liput oleh radarmalang.id

Saat itu agus mencoba untuk memulai menanam buah ciplukan, dia mendatangkan bitbitnya dari jepang kemudian di budidayakan di Indonesia. Dengan modal Rp 20 juta utnuk beli bibit dengan harga Rp 20 ribu per batang.
Agus memiliki sekitar 1000 batang ciplukan dan dua kali petik dengan memperoleh hasil panen 18 kg dan 20 kg dan saat itu di harga Rp 100 ribu untuk grade A. Lumayan ya... Bagi anda yang masih bingung menegenai usaha bisa tuh di contoh seperti Agus tadi.

Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar