Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Senin, 05 September 2016

Rasakan manfaatnya temu ireng untuk kesehatan

Tentu kita tidak asing lagi dengan yang namanya jamu, sejak kecil dulu jamu sering di gunakan sebagai media pengobatan sebelum adanya obat-obatan modern muncul. Hingga saat ini pun jamu masih populer di kalangan masyarakat, obat herbal yang tanpa kandungan bahan kimia ini juga banyak di gemari karena murni dari bahan alami.

Salah satu bahan dari jamu adalah temu ireng atau temu hitam dalam bahasa latinnya Curcuma aeruginosa. Rimpang temu ireng sering di gunakan dalam membuat ramuan jamu seperti jamu nafsu makan, jamu untuk kesehatan. Lebih jelas mengenai manfaat dan khasiat temu ireng atau temu hitam kita simak point-pointnya berikut ini.

1. Temu ireng sebagai penambah nafsu makan. Rimpang temu ireng yang sudah bersih di tumbuk dan di beri air matang kemudian  minum airnya.
2. Mengurangi pegal pegal setelah capek bekerja
3. Mengobati berbagai penyakit kulit seperti panu kadas kurap dan penyakit kulit lainnya
4. Mengurangi radang.

Untuk pegobatan sebagai jamu untuk diminum seperti untuk menambah nafsu makan, mengurangi pegal-pegal karena lelah bekerja atau menurangi radang maka untuk meramunya sebelum di konsumsi sebagai berikut:
- Ambil beberapa ruas temu ireng dan di cuci sampai bersih
- Di tumbuk samapi halus atau di parut seperti memarut kelapa
- Tambahkan sedikit air kemudian di peras dan di saring
- Minum air perasan, bisa juga di kasih garam sedikit sebagai pengurang rasa pahit.

Untuk obat luar, beberapa ruas temu ireng yang sudah bersih cukup di tumbuk dan campur sedikit minyak kelapa kemudian oleskan ke bagian yang terkena penyakit secara merata


Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar