Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 12 Agustus 2015

Cara Mencari Sumber Air Bersih Untuk Sumur

Hampir di semua daerah sekarang ini mengalami kekeringan akibat adanya fenomena elnino. Kemarau panjang telah mengakibatkan banyak lahan persawahan mengalami kekeringan. Berbagai cara orang lakukan untuk mencari sumber air bersih, kadang di beberapa daerah pegunungan banyak warga yang rela melakukan perjalanan jauh guna mengambil seember air bersih. Sebenarnya banyak cara untuk mencari sumber air bersih bisa dengan tembaga, dengan lidi, yang di lakukan secara tradisonal. 

Bahkan ada juga yang mencari sumber air untuk sumur bor dalam demi memperoleh air bersih.

Gimana sih caranya mencari sumber air tanah yang bersih layaknya air pegunungan yang segar dan jernih. Sebenarnya cara-cara tradisional telah di ajarkan oleh nenek moyang kita bagaimana menentukan point tertentu yang bisa menjadi sumber air tanah. Okey sebelumnya penulis sendiri pernah di ajari cara ini ketika mau bikin sumur di area pegunungan yang waktu itu susah banget air dan nyaris kekeringan. Namun waktu itu metode yang bapak saya ajarkan dengan menggunakan sepucuk daun kelapa yang di buat kuncup dan di lihat keesokan harinya untuk melihat embun di kuncup yang telah di pasang di spot tertentu tersebut.

Sebenarnya ada cara lain juga seperti ini:

1. Teknik menentukan titik sumber mata air sumur bor dengan menggunakan garam, yaitu garamnya  diletakin di tanah yang di indikasi memiliki sumber mata air.
Caranya : kira kira sore hari letakanlah 1-2 genggam garam dan tutup rapat dengan kaleng bekas susu yang sebagian sisinya terbuka dan bagian sisinya tertutup. Pada tempat yang akan digali untuk sumur, kemudian pada esok harinya silahkan lihat garam tersebut, jika habis atau tinggal sedikit berarti pada titik tersebut ada sumber airnya. Jika perlu taruhlah garam dan kaleng tersebut pada beberapa titik sekaligus dan lihatlah pada titik mana yang garamnya paling sedikit.

2. Teknik daun pisang
Jangan mikir jauh jauh soal daun pisang ini karena bukan teknik mbah dukun tapi analisa kelembaban.
Ambillah beberapa lembar daun pisang, di buat seperti kuncup dan membentuk kerucut dan taruhlah pada beberapa titik yang akan digali pada sore harinya. Cek di pagi hari

Pagi harinya silahkan lihat embun yang menempel pada daun pisang tersebut (pada bagian bawah daun tadi). Semakin banyak embun yang menempel semakin banyak debit air bawah tanah tersebut.
Namun jika daunnya tetap kering berarti tidak ada sumber air di bawah daun tersebut jadi harus dicari lokasi lain sampai tepat.
Artikel Terkait