Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Kamis, 12 Oktober 2017

Tunjukkan Nyalimu Gowes Ke Puncak Bucu Srimulyo



Puncak Bucu Srimulyo
Puncak Bucu Srimulyo

Puncak Bucu adalah salah satu tempat pariwisata di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Persisnya lokasi ini terletak di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Tempat ini di harapkan menjadi objek wisata andalan Piyungan Jogja. Sebenarnya tempat ini mirip dengan Gunung api purba Nglanggeran, tapi hanya jalur ke puncaknya yang sedikit lebih lambat karena akses jalan yang belum sempurna.

Bedanya dengan Nglanggeran, puncak Bucu tidak setinggi Puncak Nglanggeran, jalannya tidak seperti di sana. Jika Nglanggeran melewati jalan sempit antara bebatuan, sementara jalan menuju Puncak Bucu bahkan melewati lahan perkebunan dan sawah. Di sebelah kanan kiri kita bisa melihat lahan pertanian yang ijo royo-royo.
Sementara itu, kawasan Puncak Bucu masih sering di reboisasi, baik di sepanjang jalan atau pada puncaknya. Saat itu kami di beritahu bahwa seminggu sebelumnya di reboisasi, Puncak Bucu telah ditanam dengan durian dan pohon buah lainnya. Saat itu kami melihat beberapa pohon masih setinggi lutut. Sampai saat ini daerahnya masih sepi, hanya sedikit komunitas pecinta alam yang kerap datang melakukan reboisasi. 

Puncak Bucu masih berada sekitar Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul ada puncak lain yang disebut Puncak Bucu yang bisa dikunjungi untuk menikmati Jogja dari ketinggian. Perjalanan menuju Puncak Bucu kita akan melewati hutan jati dengan daun yang berguguran. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah di sore hari karena kita bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang indah. Bagi yang ingin menikmati suasana malam yang tenang dan pemandangan lampu kota jogja, tempat ini bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk berkemah atupun makrab.

Untuk kali ini saya pergi ke Puncak Bucu melalui Piyungan, dari SMP negeri 1 Piyungan ke arah selatan sekitar 2 km sampai persimpangan di dekat Pasar Desa Gambirmulyo (sudah ada panduan rute bro). Mulai dari sini perjalanan mulai menantang, siap menaklukkan tanjakan demi tanjakan hahaha. Dan untuk tanjakannya sendiri banyak belokan tajam disertai tanjakan dengan jarak sekitar 2,5 km.




Gimana masih penasaran tentang Puncak Bucu Srimulyo??


Google Ping
Artikel Terkait