Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 24 Oktober 2017

Ini Dia Fungsi Dan Kegunaan Batok Kelapa

Melihat batok kelapa yang menumpuk  kadang membuat pandangan jadi tidak nyaman, apalagi jika tumpukan batok kelapa tersebut sudah mulai membusuk dan menjadi sarang nyamuk tentu akan beresiko terhadap kesehatan linkunga. Namun bagi sebagian orang hal tersebut merupakan sebuah peluang apabila mengetahui manfaat batok kelapa, seperti untuk kerajinan, di buat arang batok kelapa, atau di manfaatkan sebagai filter air atau penjernih air.

Ada bayak manfaat di balik tempurung kelapa ini seperti apa yang saya sebutkan di atas.


1. Kerajinan, salah manfaat batok kelapa  di buat sebagai bahan kerajinan namun pilihlah batok kelapa yang sudah tua, karena kalau batok yang muda di khawatirkan kurang bagus hasil kerajinan yang di buat. Apa saja contoh hasil kerajianan batok kelapa ini, sebenarnya ada banyak kalau di kupas satu per satu, namun secara garis besarnya batok kelapa sering di manfaatkan untuk peralatan rumah tangga seperti siwur(gayung/alat pengambil air),sothil,solet,enthong, mangkuk atau kerajinan tangan lainnya seperti hiasan ruang tamu.

2. Arang batok kelapa, emangya cuma kayu-kayuan aja yang bisa si bikin arang? Arang batok kelapa mempunyai panas yang lebih tinggi di bandingkan dengan arang dari kayu yang lain. Hal ini di karenakan tempurung kelapa mempunyai zat
Komposisi Tempurung Kelapa
Seperti:
1.Lignin29,40
2 .Pentosan27,70
3.Selulosa26,60
4.Air8,00
5.Solvent Ekstraktif4,20
6.Uronat Anhidrat3,50
7.Abu0,60
8.Nitrogen0,10

3. Memanfaatkan arang batok kelapa untuk kesehatan, kandungan zat karbon yang ada di batok kelapa berfungsi untuk mengikat racun. Sehingga arang ini sangat bagus untuk di pakai untuk filter atau penjernih air.

4. Fungsi lain dari arang batok kelapa adalah bermanfaat dalam penjernihan air sumur. Misalkan saja kita lihat dalam pembuatan sumur bor, selain ijuk, kerikil, dan pasir, arang batok kelapa di sebut juga charcoal digunakan sebagai filter air dan penjernih air. Selain menjernihkan air arang batok kelapa dapat mengikat racun yang ada di dalam air sumur

Artikel Terkait