Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Sabtu, 29 September 2018

Prinsip Prinsip Dan Cara Pengangkatan Secara Manual

Ketika kita tinggal di suatu tempat (bandara, stasiun, atau terminal), tempat hiburan atau kantor, di rumah, di tempat belanja, di tempat umum, kita sering memindahkan barang. Bahasa keren untuk memindahkan benda atau berurusan dengan barang / material tampak seperti hal kecil yang dapat dilakukan dengan mudah dengan kedua tangan adalah Manual Handling. Tetapi jika kita tidak memahami dan memahami cara memindahkan barang dengan aman dan nyaman, terutama jika material atau barang terlalu berat, itu bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

Sebagai hasil dari memahami bagaimana hal berdiri, itu dapat menyebabkan efek berbahaya pada tubuh, seperti cedera lutut, cedera punggung, kerusakan otak atau bahkan hernia. Untuk menambah kekuatan badan, Anda harus memiliki cara mengangkat beban secara khusus dan tepat, bukan hanya mengangkatnya dengan tangan Anda sendiri. Jadi, Anda sudah tepat membaca artikel ini.

Manual handling adalah proses pengangkatan material atau benda secara manual dan sederhana.

Lalu apa itu Prinsip Prinsip Dan Cara Pengangkatan Secara Manual??
Pada prinsipnya, sebelum mengangkat barang / material, pertama-tama perlu mengidentifikasi kondisi berikut:


1. Jenis barang
Kita harus tahu dan mengidentifikasi jenis-jenis barang yang kita angkat dan pindahkan, dimensi ukuran benda atau barang tersebut, bentuk benda, berapa banyak berat, di mana titik-titik ketinggian. Berat maksimal yang disarankan dinaikkan menjadi 1 orang adalah 20 kg. Jika berat benda melebihi berat maksimum, disarankan untuk menggunakan alat seperti mobil atau mengangkatnya dengan 2 orang atau lebih. Kita juga perlu mengetahui titik ketinggian dari objek yang kita usulkan, tanpa elevasi poin, sebaiknya gunakan kotak atau alat lain untuk mempermudah proses pengangkatan. Mengangkat benda yang terlalu berat di luar batasan tubuh kita akan meningkatkan risiko cedera.

2. Kondisi jalan dan rute pemindahan
Setelah mengidentifikasi jenis produk, kita juga harus mengenali ruang gerak kita selama mengangkat dan pemindahan produk. Dengan kata lain, kita harus merencanakan rute perjalanan antara titik di mana kita mulai mengangkat untuk mengurangi produk. Jika ruangan cukup besar dengan beberapa rintangan, itu bisa mudah dan itu tidak masalah. Jika ruang terbatas, terutama dengan banyak penghalang, itu dapat mempersulit proses pemidahan dan meningkatkan risiko kerusakan ataupun berpeluang terjadinya resiko kecelakaan. Jarak maksimum yang disarankan untuk memindahkan objek dengan berat maksimum 20 kg tanpa peralatan bantuan adalah 10 m. Disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu jika jaraknya melebihi 10 m.

3. Teknik untuk mengangkat dan memindahkan barang
Setelah mengidentifikasi dan merencanakan untuk memindahkan produk, apa posisi yang baik dan aman untuk mengangkat dan memindahkan material/ barang ...?

Tahapan cara pengangkatan secara manual

  1. Tempatkan tubuh cukup dekat ke objek untuk mengangkatnya
  2. Tempatkan item yang akan di angkat di antara kedua kaki
  3. Posisi tubuh saat menekuk (posisi jongkok / jongkok) untuk mengangkat objek jika posisinya di bawahnya. Hindari posisi lentur/membungkuk ...! karena berisiko cedera pada pinggang atau punggung.
  4.  Saat mengangkat, gunakan otot-otot kaki sebagai titik tumpuan saat pengangkatan, bukan pinggang atau punggung, lalu letakkan objek dekat atau menempel di tubuh.
  5. Saat berjalan, gerakkan benda, turunkan tangan dengan berat badan Anda, punggung dan leher tetap dalam posisi vertikal, tanpa membungkuk. Taruh barang dengan posisi tidak menghalangi Anda untuk melihatnya.
  6. Jika Anda terpaksa melakukan manuver untuk membelok, memutar, berbalik, dll., Gunakan  kaki sebagai tumpuan, bukan pinggang atau punggung. Harus dihindari untuk menghindari cidera pada pinggang atau punggung.
  7. Jika posisi benda di bawah, gunakan kembali posisi jongkok / squat untuk menempatkan barang, bukan membungkuk.

Teman-teman seperti itulah prinsip-prinsip dan cara pengangkatan secara manual atau juga di sebut manual handling yaitu cara tepat untuk mengangkat dan memindahkan barang. Hal itu tampaknya sepele , tetapi dapat menyebabkan cidera jika kita tidak mempertimbangkannya. Ini bisa bermanfaat. Tetap sehat dan

Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar