Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Kamis, 18 April 2019

Cara Memilih Pupuk Untuk Memperbanyak Buah


Buah Duku
Setiap tanaman memiliki waktu berbeda untuk berbuah.Nah untuk meningkatkan produktifitas pertaninan ada beberapa cara dan jenis pupuk   yang bisa memperbanyak buah untuk meningkatkan hasil produksi, bahkan dalam skala tertentu bisa di aplikasikan di luar musimnya. Ada yang bisa berbuah dalam beberapa bulan, seperti tomat, mentimun, semangka dan pepaya. Namun ada juga yang berbuah setahun sekali, seperti durian, kelengkeng, rambutan. Anda bisa memilih cara tersebut untuk meningkatkan dan memperbanyak buah pada tanaman anda.

Beberapa membutuhkan waktu antara 6 s.d. 12 bulan, termasuk buah naga, jambu biji, jeruk nipis, dan belimbing. Ada juga yang tergolong buah-buahan semusim seperti srikaya, nangka, lengkeng, delima, jambu biji, sawo, mangga dan anggur. Tanaman di atas umumnya hanya akan berbuah setelah berumur lebih dari satu tahun.

Semua orang pasti akan senang melihat tanaman mereka tumbuh subur, rimbun dan memiliki banyak cabang dan berbuah lebat. Tapi apa artinya jika ternyata tanaman tersebut gagal menghasilkan buah. Pemupukan berlebihan, terutama yang memiliki banyak unsur N, mungkin membuat tanaman terlihat subur, hijau dan sehat. Namun, itu menyebabkan tanaman menjadi kekurangan sinar matahari untuk  berfotosintesis dalam memasak makanan mereka.

Sebagian besar tanaman hanya akan dapat menghasilkan buah jika bunga yang tumbuh dibuahi oleh bunga jantan di dekatnya. Beberapa tanaman seperti zalacca dan kelapa, misalnya, biasanya harus ditanam secara berkelompok karena seringkali bunga jantan jatuh sebelum dapat menyuburkan bunga betina.

Terkadang kita menemukan pohon buah memiliki bunga yang tebal dan terlihat menjanjikan. Namun seiring berjalannya waktu bunga-bunga itu jatuh satu per satu dan gagal menjadi buah. Biasanya ini disebabkan oleh kurangnya air, serangga dan hama penyakit, cuaca ekstrem, dan penyemprotan yang tidak tepat.

Jangan mencabut tanaman Anda yang tidak berbuah dulu, Anda harus mengatasinya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa perawatan atau cara untuk berbuah cepat yang bisa kita lakukan, seperti:

1. Pemangkasan dahan
Tips untuk tanaman buah cepat saji pertama adalah memangkas dahan dan ranting tanaman. Bagian mana dari tanaman yang harus dipangkas? Berikut adalah beberapa bagian tanaman yang harus Anda potong:
      - cabang yang tidak produktif
      - cabang yang rusak
      - Memangkas dahan tanaman yang mengarah ke dalam
      - puncak cabang / pohon.
Anggur, jeruk, apel, mangga, nangka, dan sirsak untuk menghasilkan buah dengan cepat sering kali harus memotong bagian-bagian yang disebutkan di atas.
Oh ya, untuk memangkas tanaman ini ada teknik. Dan untuk alat yang digunakan, Anda harus menggunakan gunting tanaman untuk ranting kecil dan gergaji untuk cabang besar.
Untuk cara memangkas tanaman Anda harus mencoba memotongnya miring ke dalam sehingga tanda pemotongan tidak terkena air hujan yang dapat menyebabkan pembusukan. Berikan juga cat, tir, atau parafin untuk memotong bekas luka untuk menghindari infeksi hama.

2. Batang Tanaman Pengikat
Selain memangkasnya, mengikat batang tanaman juga bisa menjadi alternatif yang bisa Anda lakukan. Anda dapat mencoba mengikat batang / cabang utama tanaman menggunakan kawat / tambang. Dengan mengikat dahan tanaman ini, pengangkutan karbohidrat fotosintesis ke akar akan terhambat sehingga menumpuk di cabang dan daun, merangsang tanaman untuk berbunga dan kemudian berbuah.

3. Cidera batang tanaman
Mencederai pada tanaman ini berguna untuk menghambat distribusi zat makanan dari fotosintesis daun ke bagian bawah / akar sehingga terjadi penumpukan makanan di bagian atas / cabang. Pada akhirnya tanaman akan terstimulasi menjadi bunga.
Bagaimana cara melakukannya? Caranya adalah, silakan garuk kulit pohon menggunakan pisau tajam dengan ukuran 10-20 cm di sekitar batang pohon, garuk hingga kambiumnya hilang (secara singkat hampir mirip dengan teknik okulasi).
Kemudian oleskan tar / parafin untuk mencegah infeksi penyakit / hama tanaman. Jenis-jenis pohon buah yang sering diperlakukan seperti ini adalah mangga, nangka dan lengkeng. Biasanya pohon buah-buahan seperti kelengkeng akan berbuah 4-5 bulan setelah menerima perawatan ini.

4. Penyediaan Pupuk
Pemberian pupuk tertentu, terutama pupuk buah, berguna untuk merangsang tanaman agar berbuah cepat. Apa jenis pupuknya? Kami akan bahas nanti.

5. Memberikan Hormon Perangsang Buah
Cara untuk cepat berbuah adalah dengan memberikan hormon perangsang buah dan bunga, hormon yang diberikan dengan menyuntikkan ke batang tanaman, disemprotkan, atau dibasahi pada akar tanaman. Teknik ini juga disebut teknik booster. Metode ini memang seperti paksaan, di mana tanaman berbuah dipaksa berbuah.

6. Stres Air
Cara membuat tanaman buah terakhir kami lebih cepat adalah dengan teknik tekanan air. Bagaimana apanya? Yaitu dengan tidak memberikan air ke tanaman untuk beberapa waktu.
Tekanan air dalam hal ini tidak berarti tidak disiram sama sekali tetapi hanya ditahan selama 2-3 hari tanpa air. Metode ini dilakukan agar daun tidak tumbuh terlalu tebal yang pada akhirnya akan merangsang tanaman berbunga. Pastikan sebelum menerapkan teknik ini tanaman benar-benar sehat.
Jadi jika tanaman Anda juga tidak menghasilkan buah, jangan langsung memotongnya. Anda harus melakukan teknik di atas. Atau Anda bisa menyediakan pupuk buah berikut:
Pupuk Buah Kelengkeng Untuk Buah-Buahan Berat
Kali ini kita akan membahas tentang tanaman buah kelengkeng. Tentu saja tanaman lengkeng ini membutuhkan waktu beberapa tahun untuk akhirnya berbuah.
Namun seringkali kita pernah bertemu, tanaman kelengkeng ini meskipun sudah berumur puluhan tahun tetapi belum berbunga. Meski berbagai cara sudah dicoba, namun tetap saja tanaman kelengkeng ini sangat sulit mengeluarkan bunga. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa ini bisa terjadi?

Perawatan Tanaman Kelengkeng
Buah Kelengkeng
Sebenarnya, pada tanaman kelengkeng yang tidak ingin berbuah anda memerlukan hormon atau pupuk sebagai  perangsang untuk buah, Anda masih bisa menanganinya dengan melakukan perawatan khusus.
Salah satunya dengan menyediakan pupuk hormon yang bisa merangsang pertumbuhan buah pada pohon kelengkeng. Sekarang pupuk buah ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko pertanian di daerah Anda. Pupuk afrodisiak ini adalah sejenis pupuk yang memiliki kandungan N, P, K, asam amino dan kalium klorat.

Mungkin selama ini kita mengenal potasium klorat sebagai bahan peledak dan bahkan menjadi salah satu bahan baku yang digunakan untuk membuat kembang api. Budidaya kelengkeng ini memang cukup mudah.
Rasanya mudah bagi mereka yang terbiasa bahkan memiliki pengalaman dalam memelihara tanaman. Namun bagi Anda yang masih pemula, pasti mereka akan merasa gagal jika tanaman kelengkeng tidak berbuah. Mungkin ini juga karena pemilihan biji kelengkeng yang kurang baik bahkan bisa jadi karena Anda tidak tepat dalam merawatnya.

Ada baiknya ketika Anda memilih biji lengkeng, pilih biji yang berkualitas baik. Salah satu ciri khasnya tentu saja biji dengan daunnya begitu kental sehingga bahkan warna daunnya juga hijau segar. Dari segi bilah juga terlihat kokoh dan bahkan kuat.
Akarnya tebal sehingga menunjukkan bahwa tanaman kelengkeng memang subur. Bila Anda sudah memilih benih kelengkeng berkualitas tinggi, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan saat menanam tentu saja dengan melakukan perawatan yang tepat.
Anda bisa melakukan perawatan ini dengan menyiram atau bahkan memberi pupuk yang mampu merangsang buah lengkeng sehingga nantinya bisa berbuah.
Anda bisa melakukan penyiraman pada kelengkeng ini setiap hari di pagi dan sore hari. Penyiraman yang Anda lakukan bisa menggunakan air secukupnya agar batangnya tidak terlalu banjir.

Karena kalau digabung ada yang bisa bikin batang membusuk. Bila bijinya masih terlihat kecil, Anda bisa melakukan penyiraman menggunakan semprotan. Tidak hanya penyemprotan tetapi Anda juga bisa melakukan perawatan kelengkeng dengan pupuk.
Pupuk Buah Kelengkeng
Berbicara tentang pupuk, tentu saja ada berbagai jenis pupuk buah yang mampu merangsang buah lengkeng sehingga nantinya bisa berbuah berat. Jenis-jenis pupuk termasuk pupuk organik yang biasanya hanya berasal dari kotoran hewan.
Pupuk ini memang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesuburan tanah. Jika Anda memilih untuk menggunakan pupuk organik ini, pupuklah, Anda perlu melakukannya setiap dua minggu. Pemupukan yang Anda lakukan ini bisa dengan memberikannya di sekitar pohon dengan jarak yang tidak begitu dekat.

Tidak hanya pupuk organik, ternyata ada juga pupuk Nutriling yang bisa Anda dapatkan di berbagai toko pertanian di daerah Anda. Jika Anda menggunakan pupuk, maka pertumbuhan bunga di tanaman kelengkeng ini akan lebih mudah diproduksi meskipun berbuah di luar musim. Dari segi bentuknya, pupuk buah ini memang sejenis cairan yang bisa Anda campur dengan air biasa. '

Anda juga dapat memberikan pupuk ini dengan mudah dengan menuangkan pupuk di bagian bawah tanaman. Ada lagi pupuk nutrisi berkekuatan, di mana jenis pupuk yang bekerja hampir sama dengan pupuk lainnya, yang mampu merangsang pertumbuhan bunga dan buah.
Jika Anda memilih menggunakan pupuk ini, buah yang dihasilkan oleh kelengkeng akan lebih banyak dari biasanya. Yang lebih unik dari segi rasanya lebih manis. Secara alami, sekarang banyak petani yang lebih suka menggunakan pupuk ini. Rasa gagal dalam budidaya kelengkeng bisa diantisipasi.

Tentukan Jenis Pupuk Buah Kelengkeng
Yang terpenting adalah Anda harus bisa menentukan pilihan jenis pupuk buah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman lengkeng. Karena bagaimanapun ketika pembuahan ternyata itu juga mempengaruhi panen nanti.

Jangan sampai Anda mengalami gagal panen hanya karena kurang pemupukan atau bahkan salah dalam memilih jenis pupuk. Tentu saja, semua petani juga ingin menghasilkan banyak buah lengkeng dengan rasa manis. Jadi bahkan ketika Anda panen, Anda bisa mendapatkan untung besar berkat budidaya tanaman lengkeng ini.

Pemupukan ternyata menjadi salah satu cara merawat tanaman kelengkeng sehingga nantinya bisa berbuah manis. Bahkan pemupukan juga berpengaruh sehingga nantinya tanaman bisa berbuah berat. Jadi alangkah baiknya untuk membuat pilihan pada salah satu pupuk buah yang Anda rasa mampu memenuhi keinginan Anda.
Semua jenis pupuk di atas sekarang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko pertanian di daerah Anda. Dari segi harga, pupuk buah juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Tidak hanya pemupukan, ternyata perawatan tanaman kelengkeng juga perlu memangkas daun. Ini tentu saja bertujuan agar tanaman kelengkeng bisa bercabang banyak dan bahkan bisa tumbuh lebih subur.
Anda bisa melakukan pemangkasan ini saat masa pertumbuhan bahkan setelah panen. Dengan pemangkasan, ujung ranting akan terangsang sehingga nantinya mereka akan mengeluarkan bunga sampai menjadi buah baru. Pertumbuhan cabang yang baru juga bisa menambah jumlah cabang yang nantinya akan menjadi tempat di mana lamanya berbuah.

Pupuk Buah Durian Agar Cepat dan Berbuah
Apakah Anda memiliki tanaman buah durian yang belum menghasilkan jutaan? Nah, jika tanaman durian Anda berusia di atas 3 tahun, maka sebenarnya siap diproduksi, bisa dilakukan dengan memberi pupuk. Jenis pupuk apa? Periksa di bawah ini
Pupuk Untuk Perangsang Buah
pupuk buah durian
Buah durian siap produksi dapat dipercepat dengan pemupukan. Nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu pemupukan ini adalah pupuk yang memiliki lebih banyak unsur P daripada unsur N. Atau jika perlu gunakan pupuk tanpa unsur N.
Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk cair yang diberikan kepada tanaman melalui penyemprotan pada daun atau disiramkan ke akar tanaman. Pupuk cair ini dapat berupa pupuk majemuk yang dominan pada unsur P-nya atau pupuk tunggal yang hanya mengandung unsur P.

Jenis-jenis pupuk yang dapat digunakan termasuk NPK dengan kadar P dan K yang tinggi atau pupuk daun seperti Growmore, Gandasil B, Compesal, Multimicro, dan Vitabloom.
Waktu terbaik untuk memberikan pupuk bagi tanaman durian adalah di pagi hari antara pukul 07.00 - 09.00 atau sore hari pukul 04.00 - 05.00.
Untuk dapat mempercepat proses penyerapan pupuk, pupuk NPK harus digunakan terlebih dahulu dengan air cair. Baru kemudian dituangkan ke akar tanaman. Jika Anda akan diberi pupuk NPK, biarkan selama seminggu tanaman tidak disiram. Tujuannya agar pupuk cair cepat diserap oleh akar tanaman. Dan setelah pemupukan terus menyiram media tanam sampai lembab selama 2 minggu.

Zat Pengatur Pertumbuhan Tanaman (ZPT) atau Hormon Perangsang munculnya buah

Anda bisa menggunakan ZPT untuk merangsang pemupukan durian yang siap diproduksi. Salah satu ZPT yang dapat digunakan untuk merangsang pembuahan dalam durian adalah Paklobutrazol. Dosis yang digunakan adalah 1 ppm atau 1 ml paklobutrazol yang dilarutkan dalam 1 liter air.
Sebelum memberikan ZPT ini, Anda harus memperhatikan waktu yang tepat, yaitu setelah tanaman mengalami periode kering selama 2 atau 3 bulan.
Penyemprotan paklobutrazol dilakukan pada daun, ranting dan cabang sebanyak 1-2 kali. Semprotkan secara merata pada bagian tanaman.
Pemberian hormon ini akan menghambat pelepasan daun tanaman sehingga energi untuk pertumbuhan vegetatif dapat diarahkan ke pertumbuhan generatif. Pertumbuhan vegetatif adalah fase pertumbuhan daun dan batang. Sedangkan fase pertumbuhan generatif adalah fase munculnya bunga dan pemupukan.
Ketika tanaman dirawat dengan ZPT, bunga akan muncul dengan batang yang panjang dan lemah. Untuk alasan ini, elemen P dari pupuk digunakan. Karena unsur P untuk tanaman memiliki fungsi mencegah kehilangan bunga dan buah.

Pupuk Buah Sawit Untuk Buah Berat

Bagi Anda yang mencari pupuk buah sawit, silakan lihat ulasan berikut:
Pupuk Organik Bokashi
Rekomendasi pertama untuk pupuk buah sawit adalah pupuk Bokashi. Pupuk ini sangat baik karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan mudah diserap oleh akar tanaman. Selain itu, kehadiran EM4 di bokashi akan menekan pertumbuhan mikroorganisme patogen.

Dalam bokashi padat harus ada nutrisi makro dan nutrisi mikro sekaligus. Nutrisi ini sangat berguna untuk memasok nutrisi selama kehidupan tanaman kelapa sawit.
Pemberian pupuk ini harus dilakukan setiap 6 bulan. Untuk tanaman kelapa sawit, bokashinya harus dibuat dari pupuk kandang dicampur dengan kompos.
Pupuk Kaya Fosfor (Fosfat)

Selanjutnya, untuk buah palem Anda berbuah Anda juga dapat menyediakan pupuk untuk. Nutrisi fosfor adalah elemen makro yang memainkan peran penting dalam proses penanaman kelapa sawit.
Fosfor akan merangsang rooting telapak tangan yang kuat. Selain itu, sanfat dibutuhkan untuk berbunga nanti.

Untuk pupuk yang kaya akan fosfor, Anda bisa menyediakan pupuk SP-36. Sedangkan untuk periode berbunga, pupuk cair fosfat seperti agrofos harus digunakan.

Pupuk Kalium
Agar tanaman buah sawit Anda berbuah, Anda juga harus menyediakan pupuk yang kaya akan kalium. Kalium sendiri merupakan nutrisi makro yang penting bagi tanaman. Kalium berperan dalam mengatur proses membuka dan menutup stomata untuk penguapan air. Selain itu, potasium juga berguna untuk memperkuat dinding sel dan merangsang sistem pertahanan alami tanaman.

Kegunaan kalium lainnya adalah untuk proses pembentukan buah dan pada saat yang sama meningkatkan kualitas buah itu sendiri. Tanaman kalium yang cukup akan memiliki batang yang kuat dan buah yang tebal dan berat.
Pemberian pupuk harus dilakukan di awal dan lagi ketika musim kemarau dilakukan dan ketika buah kelapa sudah mulai terbentuk. Anda bisa mendapatkan sumber alium dari KCL, KNO, MKP dll.
Artikel Terkait

1 komentar :

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus