Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 09 Oktober 2018

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sekam Padi

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sekam Padi

Sekam padi merupakan salah satu limbah sampah yang jarang di manfaatkan sebagai pupuk kompos kalaupun tidak di gunakan hanya di bakar dan menimbulkan polusi udara. Namun sekam padi juga merupakan sampah organik seperti halnya daunyang sudah tua dan akan lebih berharga dan bermanfaat jika di gunakan sebagai pupuk kompos. Salah satu cara memanfaatkan sekam padi adalah dengan membuat kompos sebagai pupuk organik. Kompos adalah pupuk yang berasal dari bahan alami atau organik dan selalu ramah lingkungan.
Saat ini, banyak petani menggunakan pupuk buatan dari pabrik. Salah satu alasan utama untuk menggunakan pupuk buatan pabrik adalah praktis. Tidak perlu membuat dan menunggu pemrosesannya karena hanya tinggal menggunakan. Namun, kita tahu bahwa menggunakan pupuk buatan pabrik dapat mengurangi nutrisi akan unsur unsur hara di dalam tanah. Tahukah Anda bahwa lahan yang sering diberi pupuk buatan pabrik bisa rusak dan tingkat kesuburan akan hilang?.

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sekam Padi
Pupuk Kompos
Ternyata masih banyak orang yang tidak tahu mengetahui akan bahaya dan efek negatif dari pupuk buatan yang hanya memberikan keuntungan sebentar dan bukan jangka panjang. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah penggunaan sekam padi atau sampah sampah organik yang dapat digunakan sebagai kompos atau pupuk alami.

Menggunakan sekam padi.

Dengan menggunakan satu jenis sampah alami, sekam padi kita bisa membuat kompos. Sekam padi yang tidak di pakai lebih baik di gunakan saja sebagai pupuk kompos daripada tidak di manfaatkan dan di buang percuma. Harus ada penggunaan yang lebih baik untuk mengurangi masalah sampah tentunya. Salah satu cara yang paling bermanfaat adalah menjadikan sekam padi  menjadi kompos yang bermanfaat.
Membuat Kompos
Membuat Kompos

Dari alam ke alam 

Sesuatu yang dari alam pada di akhirnya juga akan kembali ke habitat alami, yaitu kompos. Tanah akan menerima dengan lebih baik daripada sesuatu yang alami yang bukan sintetis.

Pembuatan Kompos Dengan Sekam Padi
Manfaatkan sekam padi untuk di jadikan sebagai kompos

Manfaat kompos dari sekam padi;

Ketika ditanya tentang manfaat pupuk dari sekam padi?. Mungkin inilah beberapa jawaban yang tepat:

  1. Mengurangi limbah dari penggilingan padi yang terbuang dan tidak bermanfaat
  2. Penggunaan limbah dalam bentuk sekam padi lebih bermanfaat, yaitu bisa di jadikan pupuk kompos
  3. Sangat baik dan tidak merusak unsur hara yang ada di dalam tanah. Ya, kompos memiliki kemampuan untuk menjaga dan melestarikan dan tidak terlalu merusak dalam jangka panjang.
  4. Mengurangi penumpukan limbah dalam bentuk sekam dengan digunakan kembali (seperti yang disebutkan di atas).
  5. Mengurangi biaya biaya pembelian pupuk non-organik yang semakin mahal, yang berarti mengurangi pengeluaran.
  6. Sebagai bentuk konservasi lingkungan dengan menggunakan limbah agar menjadi lebih bermanfaat. Ini berarti mengurangi polusi tanah dari limbah yang tidak terpakai.

Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat dari kompos yang dapat Anda buat dari sekam padi, di sini kita perlu tahu cara membuat kompos. Pada dasarnya membuat kompos itu sangat mudah. Siapa yang bisa melakukan selama ada niat dan usaha.

Berikut ini adalah Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sekam Padi:

  1. Kumpulkan sekam padi yang tidak dipakai dan mengotori lingkungan sekitar.
  2. Kumpulkan sekam padi dalam wadah yang terpisah, seperti karung beras, ember atau wadah lainnya, dan dapat membuat galian galian kotak kecil di tanah.
  3. Bagus juga apabila di campur dengan kotoran ternak baik kotoran kambing, sapi atau hewan ternak lainnya karena di kotoran tersebut banyak terdapat bakteri bakteri pengurai yang mempercepat proses penguraian menjadi kompos.
  4. Setelah limbah sekam  dikumpulkan, kemudian di campur dengan beberapa bahan tambahan point 3 tadi hingga merata, masukkan ke kotak galian tanah tadi biarkan selama beberapa hari. Tentu saja, agar tidak mengganggu lingkungan sampah dan limbah organik yang terkumpul harus ditutup.
  5. Beberapa hari kemudian, pupuk kompos telah terbentuk dan dapat digunakan untuk pemupukan pada tanaman.
  6. Itu langkah pembuatan kompos dengan sekam padi. Relatif gampang kan?. Siapa pun bisa melakukannya. Oleh karena itu, mulai sekarang, kita harus bekerja untuk memanfaatkan limbah yang tidak digunakan untuk membentuk sesuatu yang berguna dan bermanfaat.

Setelah selesai pemrosesan dalam pengomposan maka pupuk kompos itu bisa di jadikan sebagai media tanam yang berasal sekam mentah.


Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar