Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Senin, 20 Oktober 2014

Keindahan Pantai Parangtritis Yogyakarta sebagai tempat wisata primadona

pantai parangtritisBicara mengenai tempat wisata di Yogyakarta, Pantai Parangtritis memanglah tiada duanya. Pantai yang cukup terkenal ini berada sekitar 28 kilometer dari selatan kota Yogyakarta. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.

Ketika senja mulai tiba dan matahari mulai condong kearah barat pengunjung pun semakin ramai berdatangan, kebanyakan mereka ingin bersenang senang sambil menikmati sunset dan ATV, kereta kuda semakin berlalu lalang memanjakan pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai. Bendi akan membawa kita ke ujung timur Pantai Parangtritis tempat gugusan karang begitu indah sehingga sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding. Senja yang remang-remang dan bayangan matahari berwarna keemasan di permukaan air semakin membangkitkan suasana romantis.
Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan.
pantai parangtritis
pantai parangtritis
Tidak sedikit pula pengunjung yang datang dengan tujuan ritual dan ingin bersemedi. 

Gelombang ombak pantai yang di kenal cukup besar menjadikan tim SAR di pantai ini harus sering mengingatkan para pengunjung untuk berhati-hati ketika bermain ombak di tepi pantai.

Hamparan pasir hitam menjadikan suasana di pantai ini semakin menyenangkan begitu juga perbukitan gunung kapur di sebelah timur, seakan menambah keindahan pemandangan. Di sisi utara terdapat banyak gundukan-gundukan pasir yang di sebut gumuk pasir, menurut ahli geologi gumuk-gumuk pasir ini terjadi karena adanya hempasan angin dari laut sehingga terjadilah gumuk-gumuk pasir tersebut.  Berfoto-foto di kawasan gumuk pasir membuat Anda seolah-olah sedang berfoto-foto di gurun pasir di Afrika, tak heran tempat ini sering digunakan untuk foto-foto prewedding

Berbagai macam oleh-oleh khas di sini juga bisa anda cicipi ketika anda berkunjung ke pantai parang tritis, seperti keripik jingking dan berbagai macam jajanan khas pantai, seperti ikan goreng, undur-undur goreng, peyek ikan , dan sebagainya.

Google Ping
Artikel Terkait

1 komentar :