Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Sabtu, 06 September 2014

Cara berbisnis online supaya lebih menguntungkan

Teringat kata-kata seorang teman kerja saya yang mempunyai usaha sampingan mobil travel dengan jurusan bandara Sepinggan Balikpapan-Samarinda. Terinspirasi dari sebuah berita di televisi tentang seseorang yang sukses mengembangkan bisnisnya secara online atau via internet, lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet tersebut? Teman saya tersebut bermimpi untuk mengembangkan usaha travelnya secara online seperti kisah seseorang yang pernah di lihat dari tivi tersebut.

Saya bilang sih "good", itu bagus, memang kalau mau mengembangkan usaha ya harus berani
belajar, mencari hal-hal yang baru. Namun sekilas saya lihat memang yang pertama kali perlu di pupuk adalah semangat, bermimpi supaya nasib beruntung tetap memihak kita hahaha...

Oke mas bro, kita lanjut masalah cara berbisnis online supaya lebih menguntungkan. Sebenarnya kalau di lihat sekarang ini industri kecil dan menengah khususnya di Indonesia sudah banyak yang berkembang dan menuai kesuksesan. Sehingga mempunyai dampak yang sangat positif terhadap perekonomian di Indonesia, bayangkan ketika negara-negara eropa mengalami krisis ekonomi Indonesia tetap bisa bertahan dalam kondisi krisis tersebut. Itu karena sektor ukm kita yang menolongnya.

Kita kembali ke bisnis online. Sebenarnya banyak banget kalau kita bahas macam dan jenisnya, namun kali ini kita coba bahas bagaimana mereka bisa mengembangkan bisnisnya via online. Sebelumnya apa sih syarat sebelum memulai bisnis online? Ini dia;
1. Email itu harus punya, itu merupakan syarat mutlak yang harus di punyai ketika mau menjalankan bisnis online.
2. Koneksi internet, ini termasuk syarat mutlak. Karena tujuannya online supaya bisa menjangkau ke seluruh dunia.
3. Perangkat Komputer, kalau perangkat ini bisa komputer, laptop atau gadget lainnya.

Terus apa dong yang harus di lakukan ketika mau mengembangkan usaha, oke kita share aja yuks;
1. Buat website atau blog. Ini bisa dengan cara gratisan ataupun berbayar. Dengan web atau blog, akan terkesan bahwa usaha kita terlihat lebih profesional apalagi menggunakan website yang berbayar.
2. Share, atau iklan kan web anda ke web-web lain yang sudah mempunyai rangking. Misalnya anda juga bisa men-share ke facebook, twiter, linkedin, pinterest, instagram  dll.
3. Pelajari tentang SEO atau SERP guna optimalisasi website anda di mesin pencarian,
4. Blogwalking, kalau bahasa awamnya kita "bertamu". Ya, kita perlu bertamu mengenalkan diri kita ke web atau blog tetangga.

Oke masbro, itu aja postingan kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan terutama temans saya Bp Sriyono S-3, si Operator grader yang pengen belajar internet untuk mengembangkan usahanya. Salam sukses

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar