Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 07 April 2015

Memanfaatkan Cangkang Kerang Untuk Kerajinan

Teringat ketika sedang main ke pantai Baron Gunung Kidul dan beberapa pantai lainnya seperti Pantai Kukup dan Pantai Krakal, banyak para pengrajin lokal di sekitar pantai yang memanfaatkan cangkang kerang dengan di buat assesoris dan kerajinan. Berbagai macam manfaat kerang laut untuk kerajinan seperti hiasan dinding yang terbuat dari cangkang kerang, cangkang keong, atau dari cangkang kepiting dan batok penyu. Kreatif dan unik memang kerajinan seperti itu. Sempat kakak saya membeli pigura foto yang di pinggir framenya di hiasi cangkang kerang dan keong yang unik.

Sebelum membuat kerajinan unik dari kerang yang unik dan kreatif mungkin perlu di perhatikan beberapa hal seperti berikut ini:
  1. Yang pertama adalah mengumpulkan bahan baku berupa cangkang kerang laut yang diperoleh dari para nelayan tradisional atau pengusaha tambak kerang hias, dan juga pengumpul kerang laut. Pilihlah kerang laut dengan bentuk dan warna yang unik agar kerajinan tangan dari cangkang kerang yang dihasilkan juga lebih bagus. Harga jual untuk kerajinan tangan unik dari kerang bentuk, ukuran dan warna.
  2. Langkah kedua adalah proses pengolahan bahan baku oleh para perajin profesional. Seperti membersihkan kerang dari tempelan lumpur, pasir dan tanah. Selanjutnya dikeringkan dengan dimasukkan ke dalam oven (sebelumnya cangkang kerang diberi campuran bahan-bahan kimia tertentu yang berfungsi untuk mempermudah proses pembentukan sesuai dengan pola). Proses tersebut berfungsi agar kulit atau cangkang kerang berubah menjadi lunak namun tetap tidak patah.
  3. Langkah ketiga atau terakhir barulah cangkang kerang diolah menjadi berbagai kerajinan tangan unik seperti bros cantik dari kerang laut. Produk kerajinan tangan unik dari bahan cangkang kerang ini memiliki 3 jenis produk unggulan seperti kerajinan kulit kerang murni, kerajinan kombinasi kerang dengan teknik patry, serta kerajinan kulit kerang dengan kombinasi fiber, produk kayu furniture dan bahan-bahan perhiasan seperti emas, perak atau permata.
Ada banyak lho kerajinan yang di dapatkan dari cangkang kerang, misalnya seperti pigura foto, tirai yang disusun dari kerang, hiasan kalung dari kerang, gantungan kunci, vas bunga, kotak tisu, dan banyak kerajinan lain yang lebih unik.

Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar