Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 04 Februari 2015

Mewaspadai Rasa Ngantuk Yang Berlebihan

Terkadang kita merasakan ngantuk yang berlebihan, bisa di kantor, bisa di jalan, bahkan bisa juga di dalam keramaian manusia. Tak jarang seringnya terjadi kecelakaan kendaraan disebabkan oleh sopir yang mengantuk, Dalam pekerjaan tertentu hal ini bisa mengakibatkan kejadian fatal yang merugikan banyak orang misalnya saja kecelakaan di jalan raya.

Ngantuk yang berlebihan ini kadang sangat mengganggu konsentrasi seseorang dalam melakukan pekerjaan, daya ingat menurun, dan semangat menjadi berkurang. Beberapa kasus terjadi, untuk menghilangkan ngantuk ini orang cenderung mengkonsumsi kopi. Jenis minuman yang mengandung kafein ini banyak di gemari oleh semua kalangan.

Perlu kita ketahui bersama bahwa rasa ngantuk selain disebabkan oleh capai atau kurang tidur bisa di pastikan ada hal lain yang menjadi penyebabnya. Misalnya saja setelah anda tidur berjam-jam namun masih terasa ngantuk perlu di waspadai adanya penyakit di dalam tubuh anda.

Beberapa penyakit tersebut ini membuat orang mengantuk sepanjang hari (menurut sumber media kesehatan ), apa saja yaa.. yuk kita tengok;

  1. Anemia, merupakan penyebab yang paling sering jika rasa kantuk datang. Anemia yang merupakan penyakit kekurangan sel darah merah akibat kurangnya zat besi. Sel darah merah di gunakan untuk menyuplai oksigen kedalam jaringan dan organ tubuh manusia. 
  2. Hiportiroid, Tiroid merupakan kelenjar kecil di dasar leher yang berfungsi untuk mengontrol metabolisme dan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar ini kurang aktif maka akan menganggu proses metabolisme sehingga menyebabkan badan menjadi lesu dan selalu mengantuk. 
  3. Diabetes. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, tubuh tidak menggunakan glukosa untuk menyediakan energi. Oleh sebab itu individu dengan diabetes tipe-2 mengeluh merasa lelah dan mengantuk sepanjang hari.
  4. Dehidrasi. Segera cukupi kebutuhan air di dalam tubuh anda, agar segar dan semangat sepanjang hari.
Itu tadi beberapa penyebab rasa ngantuk yang berlebihan sepanjang hari, semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi semua.



Google Ping
Artikel Terkait

3 komentar :

  1. mantab ini mas memang kalau mengantuk lebih baik rehat dulu ngak usah di paksakan untuk bekerja

    BalasHapus