Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Kamis, 26 Februari 2015

Khasiat dan Manfaat Pasak Bumi Dari Kalimantan

Khasiat dan manfaat akar pasak bumi dari Kalimantan. Teringat ketika saya melakukan survey di beberapa hutan Kalimantan, waktu itu tidak sengaja menemukan sebuah tanaman yang sangat bermanfaat dan berguna sebagai obat herbal. Namun pada waktu itu baru sebatas tahu bahwa tanaman itu sangat bagus untuk obat herbal pria seperti kejantanan. Tanaman itu bernama Pasak Bumi atau Tongkat Ali, di beberapa daerah luar kalimantan tanaman ini sangat populer di pakai untuk obat herbal dan vitalitas pria dewasa. Akar pasak bumi sudah di kenal bertahun-tahun sebagai pengobatan tradisional sejak dulu hingga sekarang.

Ketika saya jalan-jalan di komplek pertokoan di Kota Samarinda, banyak banget di jumpai akar pasak bumi ini di jual di emperan toko bersama beberapa macam kerajinan souvenir asli dayak. Bicara mengenai pasak bumi ini, para penjual membuatnya sebagai cawan atau cangkir yang berfungsi untuk minum. Dengan demikian akan memudahkan bagi siapa saja yang ingin mencoba jenis obat semacam ini tinggal menuangkan air putih untuk di minumnya.

Dari hasil pencarian dan label yang tertera di plastik pembungkus yang di jual di toko tersebut ternyata pasak bumi dalam bentuk gelas mempunyai khasiat seperti berikut ini:

1.Menambah tenaga.
2.Menjaga stamina tubuh.
3.Meningkatkan vitalitas.
4.Memulihkan kesegaran badan.
5.Mengurangi rasa lelah, letih,lesu, loyo dan rasa malas.
7.Mengurangi pegal linu, otot kaku, dan rheumatik.
9.Memperkuat liver.
10.Membangkitkan gairah seksual.
11.Menjadikan awet muda dan perkasa.

Dalam beberapa artikel juga di sebutkan ternyata pasak bumi juga memiliki beberapa jenis dan warna, misalnya pasak bumi hitam, dalam hal khasiat, pasak bumi hitam sangat banyak manfaatnya. yaitu
  1. Mengobati masalah disfungsi seksual bagi pria
  2. Meningkatkan kesuburan seorang pria
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina
  4. Memperbaiki dan memperlancar sirkulasi darah
  5. Meningkatkan produksi hormon Teosteron
  6. Menguatkan tulang dan sendi
  7. Membantu penyembuhan penyakit malaria.
Kira-kira apa saja kandungan akar pasak bumi .Pasak Bumi merupakan salah satu jenis tumbuhan obat yang tumbuhan di hutan-hutan, termasuk di hutan Indonesia. Di dalam pasak bumi terkandung beberapa senyawa yang mengandung banyak manfaat yaitu:
  1. Senyawa canthin yang berfungsi untuk menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker.
  2. Senyawa turunan euryomanone yang berfungsi obat anti malaria.
  3. Senyawa etanol yang berfungsi sebagai afrodisiak.
  4. Senyawa quasinoid yang berperan sebagai antileukemia dan prospektif untuk penderita penyakit HIV
Sempat saya waktu itu mencoba meminumnya, ketika itu dapat dari hutan bersama teman saya. Kemudian saya kupas dan bersihkan dari kotoran setelah itu saya masukkan kedalam botol air mineral dan saya tuang air putih di dalamnya. Ramuan saya biarkan beberapa saat, air yang di dalam botol tersebut berubah warna dan sedikit keruh, setelah itu saya meminumnya. Rasanya pahit mungkin lebih pahit dari obat-obat yang ada di apotik, namun setelah itu terasa badan jadi segar dan enak, dan jarang sakit. Seperti halnya obat tradisional lainnya khasiat tanaman pasak  bumi inipun  patut di acungi jempol.

Mengenai harga pasak bumi kalimantan bervariasi, biasanya dalam bentuk kiloan, bentuk serbuk atau di ubah dalam bentuk cawan. Ketika searching di internet, untuk harga pasaran perkilo bisa mencapai Rp.120.000-Rp.250.000, harga tersebut pun tidak bisa menjadi patokan tergantung dari ketersediaan.

Tanaman yang daunnya mirip daun belimbing ini memang langka dan ketersediaannya terbatas hanya berasal dari hutan alami kalimantan, cara mengambilnya pun juga tergolong sulit karena mencabut akar dari tanaman ini butuh beberapa orang dan mempunyai cara tertentu agar bisa tercabut dari tanah. Menurut penuturan warga lokal yang sempat saya temui cara mencabut akar pasak bumi itu harus membelakangi setelah tanah sekitar tanaman di gali dan di bersihkan.


Google Ping
Artikel Terkait

1 komentar :