Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Senin, 08 Juni 2015

Cara Sederhana Mengkilapkan Batu Akik

Cara Sederhana Mengkilapkan Batu Akik
Cara Sederhana Mengkilapkan Batu Akik 
Masih mengenai batu akik, kali ini saya coba share artikel mengenai beberapa tips cara mengkilapkan batu akik yang tentu saja sangat berguna bagi temen-temen semua pecinta batu cincin. Cara ini sangat cocok di pakai untuk berbagai macam batu akik yang ada di nusantara ini, kenapa saya berani share tentang cara ini? Yang jelas admin sendiri sudah beberapa kali mempraktekan sendiri memoles batu akik jenis kecubung, pancawarna, extrajos aceh, lapis benua, dan beberapa jenis lainnya.

Tips sederhana ini ternyata cukup manjur untuk membuat batu akik anda menjadi mengkilap, bahkan bisa mengkilap sebening kaca. Nih tak kasih contoh hasil polesan yang saya lakukan:

Beberapa batu tersebut dipoles dengan cara yang sangat sederhana dan bahkan semua orang pasti bisa melakukannya, yaitu dengan menggunakan gerinda untuk membentuknya.

Cara Sederhana Mengkilapkan Batu Akik
Cara Sederhana Mengkilapkan Batu Akik 
Okey, langsung saja ke topik utama tadi yakni cara mememoles batu akik dengan sederhana namun bisa mengkilapkan dengan hasil maksimal. Kalau bahan batu akik sudah terbentuk, maka tahap-tahapan selanjutnya adalah menggosok dengan gerinda supaya permukaan batu menjadi rata dan halus. Setelah memperoleh permukaan yang rata maka bisa di lanjutkan menggosok dengan "wungkal" atau batu asah yang di pakai untuk mengasah pisau.

Langkah selanjutnya yakni memoles batu akik supaya mengkilap, terus apa saja yang dilakukan supaya batu akik menjadi mengkilap?

  1. Gosok batu akik dengan amplas, tentu saja namanya amplas ada beberapa ukuran. Saya sendiri menggunakan ukuran 500, kemudian memakai ukuran 1500 kalau lebih bagus lagi pakai ukuran 4000 biar hasil maksimal. Hal ini di perlukan supaya permukaan batu menjadi rata dan semakin halus.
  2. Poles pakai daun pisang yang kering, cara ini ternyata sangat efektif untuk memoles batu akik. Pertamanya  terlihat sangat aneh, namun memang saya sendiri membuktikan bahwa memoles dengan daun pisang kering terbukti efektif untuk mengkilapkan batu akik. 
  3. Gosok dengan bambu kering, seperti halnya dengan daun pisang kering, memoles batu akik dengan bambu kering juga terbukti efektif. Namun dengan cara ini harus hati-hati dan jangan terlalu keras supaya batu tidak retak.
  4. Gosok pakai kulit, kalau temen-temen semua punya barang bekas terbuat dari kulit, misalnya dompet kulit bekas atau sabuk bekas yang terbuat dari kulit. Bahan tersebut bisa di pakai untuk memoles batu akik supaya mengkilap. 
  5. Ada lagi yang di praktekkan oleh salah satu teman teman saya yakni menggunakan serbuk intan. serbuk ini di taruh, misalkan di kain atau di kulit kemudian batu akik di poles di permukaan tersebut.
Itu tadi beberapa cara yang sempat saya praktekan, mungkin dari temen-temen semua bisa mencobanya. Namun bisa jadi dengan beberapa cara tersebut akan memperoleh hasil yang sangat bagus apabila dengan cara mengkombinasikan beberapa langkah tersebut.



Google Ping
Artikel Terkait