Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 03 Juni 2015

Cara Mudah Menghilangkan Ngorok

Kali ini saya mau posting cara menghilangkan ngorok, ya di karenakan kebanyakan orang dewasa bahkan anak-anak pun juga mengalami masalah ngorok ini.
Sebelumnya mungkin perlu di ketahui apa penyebab ngorok atau mendengkur itu sendiri. Mungkin dari temen-temen pernah mengalaminya, alangkah baiknya simak baik-baik penyebabnya berikut ini.

Mendengkur atau bahasa jawanya ngorok bisa timbul dikarenakan terjadinya penyempitan saluran nafas nasofaring. Udara yang mengalir melalui saluran pernapasan menggetarkan bagian lunak dari jalan napas orafaring. Penyebab lainnya adalah terjadinya kekurangan pasokan oksigen ketika seseorang itu lagi tidur. Hal mendasar masalah ngorok ini tentu erat kaitannya dengan masalah kesehatan makanya perlu sekali memperhatikan kesehatan tubuh kita masing-masing.


Nah, sebenarnya mudah saja cara mengatasi ngorok dengan melihat penyebabnya tadi tentu dengan menjaga kesehatan tubuh kita. Dan bisa jadi langkah langkah berikut ini bisa mengatasi hal tersebut;

1. Posisikan tubuh kamu miring di saat tidur.
Saat seseorang tidur dengan terlentang, membuat otot di sekitar lidah terdorong ke belakang maka dapat menggangu jalur pernapasan. Kondisi inilah yang menghasilkan timbulnya suara ngorok atau dengkuran. Jika anda memiliki problem tidur dengan mendengkur maka ambilah posisi tidur dengan cara miring, hal ini dapat anda lakukan dengan mengganjal guling atau bantal pada posisi punggung anda, agar disaat tidur posisi miring anda tidak berubah.

2. Melakukan Aktifitas Fisik / Olahraga
Dengan olah raga yang cukup maka akan membantu mengencangkan otot otot tubuh, termasuk mengecangkan otot pada tenggorokan kita. Jika otot tenggorokan kencang maka problem dengkuran yang diakibatkan otot tenggorokan mengendur dapat diatasi, terlebih jika anda harus mengkonsumsi jenis obat tertentu yang menyebabkan otot tenggorokan rilex atau mengendur seperti obat tidur dan penenang.

3. Hindari Alkohol.
Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, obat tidur, dan obat penenang akan mengakibatkan otot-otot pada tenggorokan menjadi mengendur sehingga mengganggu pernapasan. Jika memang anda memerlukan obat tidur atau penenang, segera hubungi dokter anda untuk dikonsultasikan kondisi ini. Ada beberapa jenis obat seperti ini yang justru membuat kondisi tidur mendengkur anda menjadi lebih parah

4. Hindari kegemukan.
Obesitas bukan hanya menggangu kesehata jantung, ternyata salah satu penyebab tidur seseorang mendengkur. Berkurangnya berat badan meskipun cuma sedikit dapat mengurangi lemak pada belakang tenggorokan sehingga dapat membantu meringankan atau bahkan bisa membuat anda berhenti mendengkur. Anda bisa melakukannya dengan program diet ataupun olahraga. Jika memang kegemukanlah penyebabnya, maka ada baiknya kamu usahakan agar berat badan kamu turun minimal sebesar 10%, sehingga dapat kembali melegakan jalan napas ketika tidur.

5. Hindari Alergi.
Pada orang-orang tertentu, alergi dapat juga menjadi pemicu terjadinya dengkuran. Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki riwayat alergi, hindarilah faktor pencetusnya.

6. Tidak Merokok.
Jika anda seorang perokok maka anda lebih berpotensi untuk mengalami gangguan tidur mendengkur, saat kita merokok maka dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada selaput hidung dan tenggorokan. Jika kebiasaan merokok sulit anda hindari setidaknya jika anda sudah terkena problem tidur mendengkur maka hindari merokok saat akan tidur agar mengurangi dengkuran anda.

7. Bila perlu Operasi.
Salah satu penyebab suara dengkuran adalah problem kesehatan pada amandel dan jika hal ini memang terjadi maka segera dioperasi saat anda memiliki kesempatan dan kemampuan secara finansial

8. Pilih tempat tidur yang nyaman seperti kasur dan sprei yang empuk. hehe

Itu sedikit tips yang mungkin saja bisa bermanfaat anda semua


Google Ping
Artikel Terkait