Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Jumat, 27 Oktober 2017

Bagaimana Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Kotoran Ayam

Kotoran ayam mempunyai bau yang menyengat dan tidak mengenakkan,hal ini di karenakan kandungan amoniak yang terdapat pada kotoran ayam tersebut. Lalu bagaimana apabila kotoran ayam tersebut diaplikasikan sebagai pupuk? Tentu sangat bermanfaat di bandingkan apabila di buang percuma.

Lantas bagaimana kandungan pupuk cair yang bagus itu? Sebenarnya setiap kotoran mengandung nutrisi baik itu makro maupun unsur hara mikro. Unsur hara makro terdiri dari N(Nitrogen), P(Phospat), dan K(Kalium). Sedangkan unsur hara mikro seperti zn,mg, yang tentu saja memiliki kandungan prosentase yang kecil.
Cara fermentasi kotoran ayam dengan EM4, sebenarnya sangat mudah dan dapat di lakukan oleh siapa saja, walaupun banyak orang yang jual pupuk kandang ayam tanpa fermentasi, namun apabila di fermentasi dan di tambahi beberapa kandungan nutrisi maka hasilnya juga akan lebih baik.

Kenapa kita harus membuat pupuk kandang dengan EM4 melalui proses fermentasi? Melalui proses fermentasi ini kita di bantu oleh banyak bakteri pengurai, selain bakteri yang terkandung di dalam kotoran ayam EM4 juga mengandung bakteri seperti nitrobacter, salmonella, lactobacillus,dll

Oke kita bahas mengenai Cara membuat pupuk organik cair dari kotoran ayam, mulai bahan bahan yang di gunakan, proses pembuatan dan aplikasi untuk pemakaiannya.
Bahan:
1. Kotoran ayam 30 kg setara 1 karung
2. Dedaunan hijau
3. EM4
4. Gula pasir 1 kg
5. Terasi 1 kg
6. Air bersih 200 liter
7. Tambahan Pupuk NPK 2 kg

Proses pembuatan:
1. Pupuk kandang dari kotoran ayam beserta dedaunan hijau di giling atau di haluskan.
2. Gula pasir, terasi, EM4 dan pupuk NPK di larutkan dalam wadah
3. Campurkan pupuk kandang dengan larutan gula tersebut ke dalam drum yang berisi air 200 liter tadi
4. Aduk sampai merata dan tutup rapat.
5. Setiap hari di buka selama 15 menit, kemudian di tutup rapat lagi, hal ini di lakukan agar tidak terjadi pengembangan drum akibat pernafasan an aerob dari fermentasi mikroba yang berada di dalam drum.

Aplikasi dan cara pemakaian untuk pemupukan pada tanaman sebaiknya salam 1 liter pupuk cair di campur secara merata dengan 9 liter air bersih, kemudian kocorkan pada tanaman sebanyak 0,25 sampai 1 liter tiap tanaman atau di sesuaikan dengan jenis tanam an. Bisa juga selain di kocorkan dilakukan dengan cara semprot.

Itu tadi cara membuat pupuk kandang organik cair yang berasal dari kotoran ayam, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Artikel Terkait