Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Sabtu, 23 Maret 2019

Kisah Petani Sukses Dari Nol di Indonesia

kisah petani sukses di indonesiaPetani adalah orang-orang yang bekerja di bidang pertanian, baik di tanah pribadi dan memiliki hak penuh untuk melakukan budidaya. Petani yang sukses sangat membantu semua orang. Ini karena, petani menyediakan sarana hidup bagi masyarakat dalam bentuk makanan yang tentunya membuat kita mampu bertahan hidup. Menjadi petani yang sukses itu tidak mudah. Anda bisa belajar dari kisah petani sukses dari awal. Para petani yang menginspirasi ini memulai bisnis mereka dari awal dengan pengalaman, ketekunan, pengetahuan dan keuletan.

Kisah petani sukses dari nol sering menginspirasi petani pemula yang ingin mencoba menanam tanaman. Jika Anda ingin menjadi petani yang sukses, Anda harus memiliki pengalaman yang cukup dalam budidaya. Alasannya adalah bahwa banyak lulusan pertanian yang lulus sarjana tetapi dalam praktiknya di lapangan mereka kurang terampil. Ini karena pengetahuan dasar saja tidak cukup untuk bertani. Melakukan pertanian ini tidak mudah. Sebagai petani pemula, itu ide yang baik untuk belajar dari petani yang berpengalaman.

Indonesia adalah negara agraris yang memiliki banyak lahan pertanian yang dapat digunakan sebagai sumber penghidupan masyarakat. Namun, seiring dengan perkembangan era yang semakin modern, lahan pertanian semakin terkikis dengan banyak rumah dan bangunan yang didirikan. Jumlah yang secara otomatis bertambah adalah jumlah orang yang ingin mengejar pertanian atau memilih profesi sebagai petani.  

Kisah para petani sukses dari Indonesia yang mendukung mereka yang menanam komoditas asli Indonesia menumbuhkan motivasi dan menginspirasi banyak orang.

Tapi tahukah Anda kalau menjadi petani masih bisa membuat Anda kaya. Sebagian besar pendapatan yang diperoleh petani satu kali panen bias melebihi dari jumlah yang diperoleh karyawan beberapa bulan bekerja. Ini dibuktikan dengan banyaknya nama petani sukses di Indonesia. Keberhasilan mereka dapat mencapai omset milyaran rupiah, sungguh luar biasa bukan? Apakah Anda ingin menjadi seperti mereka dan ingin tahu kisah sukses petani?

Petani Cabai Dari Dari Lamongan Minahasa

Petani yang berhasil menanam tanaman kali ini bernama Rommy Mamesah. Para petani ini tinggal di daerah Kawangkoan, Tompaso, Langowan, Minahasa, Sulawesi Utara. Rommy mendapat untung ganda dengan menanam cabai dan tomat. Dari hasil pertanian cabai dan tomat, puluhan keluarga telah mendapat manfaat dari Rp. 200 juta dalam satu musim tanam. Luas tanah sekitar seperempat hektar di Langowan Barat dapat menghasilkan Rp. 150 juta hanya dalam 4 bulan.

Saat cabai dipanen untuk pertama kali, harga jualnya mencapai Rp. 70 ribu / kg. Ketika mulai panen pertama ini, Rommy memetik sekitar 50 kg cabai. Rommy berhasil mendapat untung Rp. 3,5 juta. Banyak tengkulak datang untuk membeli cabai, salah satunya adalah lelaki dari Manado. Pria ini datang untuk menawar cabai Rommy. Keduanya sepakat dengan harga Rp. 150 juta. Seminggu kemudian harga cabai menembus harga tertinggi Rp. 90 ribu / kg. Harga jual cabai sangat tinggi, bahkan melebihi harga jual cengkeh saat itu.


Petani Sukses Dari Nol Dari Lamongan

Kisah seorang petani sukses dari nol bernama Abdul Qohar. Petani yang sukses ini tinggal di Desa Candisari, Kabupaten Sambeng, Lamongan. Abdul mendapat banyak keuntungan dari berkebun pepaya calina. Lahan pertanian di ujung selatan Lamongan dikenal kering dan telah turun temurun, hanya ditanami tembakau, padi, dan jagung. Tapi ini tidak mengurangi niat Abdul. Dengan kegigihan dan ketekunan, Abdul berhasil membentuk Kelompok Tani Godong Ijo Sejahtera dengan 112 anggota yang tersebar di 8 desa di wilayah Kabupaten Sambeng
.
Dengan total 15 hektar kebun pepaya calina, Lamongan adalah produsen ketiga terbesar di wilayah Jawa Timur. Tidak hanya ke Lamongan, pepaya calina dari Sambeng juga dipasarkan ke Tuban, Gresik, dan Jakarta. Dalam area 1 hektar, hingga 1.520 pohon pepaya dapat ditanam. Pada setiap hektar, petani bisa mendapatkan omset Rp. 18 juta / bulan. Ini juga telah dihitung dengan adanya kemungkinan faktor kegagalan.


Masa panen buah calina pepaya itu sendiri adalah 6 bulan dan 20 hari. Pepaya Calina akan terus berbuah hingga 3 tahun kemudian. Calina pepaya dari Sambeng ini sudah memiliki merek dagang. Pemilik kebun juga telah dilatih khusus untuk menjaga kualitas buah pepaya agar tetap sama, meskipun ditanam di lahan yang berbeda.

Petani Rempah Dari Dari Bogor

Adi Pramudya adalah salah satu petani dari Indonesia yang tergolong muda. Namun omzet yang dihasilkan dari bisnis pertanian ini mampu mencapai ratusan juta rupiah setiap bulan. Ia dikenal sebagai petani lengkuas yang sukses di Bogor, Jawa Barat. Pramudya, yang berasal dari Pati, Jawa Tengah, sekarang merambah ke bisnis pertanian dengan menanam berbagai rempah-rempah seperti kunyit dan kencur. Dari tiga jenis tanaman, yaitu lengkuas, kencur dan kunyi, Adi mampu menghasilkan 300 juta rupiah setiap kali panen.

tks/

Artikel Terkait

1 komentar :

  1. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    BalasHapus