Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Jumat, 15 Maret 2019

Menanam Anggrek Di Pohon Mangga

Bunga Anggrek Macan
Bunga Anggrek Macan

Cara menanam anggrek di pohon mangga, ya cara ini adalah cara yang paling mudah dan sederhana ketika kita akan menyalurkan hobi menanam tanaman hias seperti anggrek. Terkadang kita di buat pusing ketika akan menaruh dan menanam anggrek setelah kita beli dari toko tanaman. Namun hal tersebut tidak lah sulit apabila di halaman rumah kita mempunyai pohon mangga, selain pohon tersebut mempunyai daun yang lebat dan rindang maka pohon mangga cocok untuk menaruh tanaman anggrek yang kita beli tadi.

Keteduhan dan kerindangan pohon mangga akan mendukung dan mempercepat pertumbuhan pohon anggrek, hal ini di karenakan lebatnya daun yang di miliki pohon anggrek akan mengurangi paparan panas matahari yang berlebihan sehingga memungkinkan tanaman anggrek akan tumbuh subur jika di tempatkan di batang pohon mangga.

Pengalaman saya sendiri dalam menanam anggrek macan yang ketika itu saya bawa dari sulawesi, saya menempatkan anggrek tersebut di sebuah dahan / batang dari pohon mangga. Hasilnya lumayan bagus untuk tanaman hias semacam bunga anggrek tersebut. Hal ini saya bandingkan dengan cara menanam anggrek macan kepunyaan kakak saya yang hanya di taruh di dalam pot kemudian dengan media arang dan sabut kelapa, namun hasilnya mati dalam beberapa bulan kemudian. Di bandingkan kepunyaan saya yang saya tanam sejak tahun 2008 hingga sekarang tanaman anggrek tadi masih ada dan semakin lebat.


Cara Menanam Anggrek Macan Di Pohon Mangga
Anggrek Macan
Sebenarnya sih simple banget waktu saya mananam anggrek macan tadi, karena fokus saya hanya untuk hobi dan sebagai kenangan waktu kerja di sulawesi saya hanya mencoba menanamnya di pohon mangga tadi. Waktu itu batang atau umbi dari anggrek tersebut saya ikat dengan sabut kelapa dan akar-akarnya juga saya tutup dengan sabut kelapa tersebut. Setelah saya ikat kemudian saya tempelkan ke pohon mangga yang ada di depan rumah saya.

Pada awal-awal daun yang masih ada itu kelihatan menguning dan lepas berjatuhan sehingga hanya meninggalkan batang/umbi dari anggrek tersebut. Namun yang terjadi selang beberapa bulan umbi/batang yang masih hijau tersebut tumbuh daun yang semakin lama semakin banyak dan juga di barengi umbi yang lain bermunculan. 

Agak lama memang membuat anggrek cepat berbunga, namun oleh simbok saya kemudian sering di siram memakai air cucian beras, kadang pagi hari terkadang juga sore hari, kadang-kadang juga di kasih taburan ajino moto di bagian akar dari anggrek tersebut.

Saya pun juga heran, namun begitulah jadinnya malah anggrek muncul bunga nya.. hehe jadi seneng juga lihatnya.(thanks ya mam). Hingga kini tanaman anggrek tersebut masih ada dan sering berbunga ketika waktu musimnya, kadang setangkai kadang 2 tangkai. O iya.. sebagai gambaran saja tangkai dari bunga anggrek macan tadi panjang lho, bisa sekitar 1 meter panjang nya.


Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar