Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 03 Juli 2013

Bahaya Debu Tambang Batubara Bagi Kesehatan

Debu-debu tambang merupakan material bahaya yang dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan para pekerja tambang, antara lain pernafasan, paru-paru berdebu, keracunan dan peradangan pada mata. Dari segi pengaruh terhadap peralatan, debu tambang dapat menimbulkan kerusakan alat atau mesin-mesin tambang. Lebih jauh lagi debu-debu tambang dapat menjadi pemicu kebakaran dan ledakan yang cukup besar dan berbahaya.

Butiran debu batubara yang sangat halus dapat menjadi sumber kebakaran dan ledakan yang sangat dahsyat dalam tambang bawah tanah. Campuran antara debu batubara dengan gas atau uap yang mudah terbakar (dalam bentuk awan debu batubara), dapat meledak bila di sekitarnya ada api atau pijaran bunga api. Untuk itu ventilasi tambang bawah tanah mempunyai peranan penting dalam mengurangi debu batubara tersebut.

Berikut ini di jelaskan secara sepintas masing-masing debu yang ada pada tambang bawah tanah:

Debu pulmonary. Debu pulmonary adalah debu-debu tambang yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit gangguan pernafasan dan penyakit paru-paru berdebu.  Debu pulmonary yang berukuran 0,25-5 mikron adalah yang paling berbahaya, karena debu-debu dengan butiran halus dan kecil itu mengambang di udara dan mudah terhisap ketika bernafas, dan selanjutnya debu-debu itu akan mengendap di paru-paru. Debu pulmonary itu ada beberapa jenis antara lain:
  1. Debu asbes, penyebab penyakit asbestos
  2. Debu timah, penyebab penyakit stanosis
  3. Debu batubara, penyebab penyakit anthracosis
  4. Debu silica, penyebab penyakit silicosis 
  • Debu beracun (Toxic dust). Debu beracun dapat menyebabkan keracunan akut dan kerusakan kulit. Jenis debu ini antara lain:
  1. Debu arsenic, penyebab keracunan arsen
  2. Debu mangan, penyebab keracunan mangan
  3. Debu timah hitam, penyebab keracunan timah hitam (timbal)
  4. Debu uranium, penyebab keracunan atau radiasi uranium
  • Debu yang dapat meledak (Explosive dust). Debu tambang ini dapat menimbulkan ledakan pada tambang bawah tanah. Jenis debu ini adalah:
  1. Debu bijih sulfide
  2. Debu pyrite (FeS)
  3. Debu batubara
  • Debu radioaktif. Debu radioaktif ini dapat menyebabkan radiasi yang menimbulkan kanker kulit, dan keracunan akut. Jenis debu ini antara lain :
  1. Debu uranium
  2. Debu thorium
  3. Debu titanium
  4. Debu bahan radio aktif lainnya.

Sumber Balai Diklat Tambang Bawah Tanah, Pusdiklat Teknologi Mineral & Batubara 








Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar