Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Sabtu, 13 Desember 2014

Rumah Teletubies Tempat Tinggal Unik di Jogja

Nah untuk letak atau lokasi tempat tinggal unik di Jogja ini anda bisa mengunjungi di Dusun Nglepen, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Kalau dari kota Jogja kearah timur sampai pertigaan Candi Prambanan belok ke kanan ke arah Piyungan  sekitar 7km kemudian belok kiri sekitar 2km,  akses menuju kompleks Dusun Teletubbies ini terbilang mudah karena lokasinya tidak jauh dari obyek wisata Candi Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Prambanan.

Kalian yang sudah pernah melihat acara hiburan anak-anak Teletubies pasti tahu seperti apa bentuk rumah Teletubies, Rumah teletubies adalah model rumah dimana bentuknya menyerupai sebuah bola yang dipotong pada penampang bulatnya. 


Bagi anda yang belum tahu bagaimana bentuk rumah teletubies, beginilah bentuk rumahnya :

rumah teletubies


Sebenarnya bentuk rumah seperti itu namanya bukan rumah teletubies, tapi rumah Dome, atau rumah Igloo. Tapi berhubung model rumahnya ini terkenal karena dipakai di acara teletubies ya jadinya kemudian rumah ini lebih populer dengan sebutan Rumah Teletubies. Rumah model ini kesannya memang sangat aneh. Tapi , dibalik bentuknya yang unik, Rumah Teletubies ini ternyata menyimpan berbagai manfaat lho. Rumah Teletubies adalah model rumah yang paling aman untuk meredam gempa dan angin topan. Lho, kok bisa ya ?

begini rahasianya..


penampang dome
Seluruh rancangan besi beton melapisi seluruh penampang

Bentuk bulat dari rumah dome dibuat dengan cetakan berbentuk balon (airform), kemudian diatas cetakan balon ini dicor beton semen. Dan semua besi rangka melapisi semua penampang tembok, Karena tidak ada sambungan pada rumah dome, yang merupakan titik lemah dari bangunan ketika diguncang gempa, maka rumah dome tahan gempa. Menurut arsiteknya, rumah dome ini juga mampu menahan terpaan angin 450 km/jam dan tahan berabad-abad

Rumah ini bisa menahan angin topan yang sangat besar sekalipun, hal ini dikarenakan aliran angin yang datang akan mengikuti lekuk bentuk rumah ini, sehingga angin tak akan mendorong tembok penampangnya. karena Model rumah yang mampu menahan angin inilah, maka kemudian orang eskimo membangun rumah dengan bentuk seperti ini. hal ini, hal ini karena rumah ini efektif untuk meredam suhu dingin yang bersumber dari angin.

iglo
beginilah penjelasannya :


iglo
angin dialirkan sesuai arah lingkaran


Karna efektif meredam gempa, bahkan kemudian di Jogja, banyak dibangun rumah seperti ini, salah satu contohnya adalah kampung di dusun Nglepen Prambanan. Di kampung ini, hampir semua rumahnya berbentuk dome, rumah-rumah bentuk dome di kampung ini hasil bantuan dari World Association of Non-Govermental Organization (WANGO) dan Domes for the World Foundation (DFTW) yang memang khusus diberikan untuk korban gempa.

Karena keunikannya itu , perumahan ini dijadikan tempat wisata juga... Jadi bisa dikunjungi siapa saja bro.. Selain melihat bentuk bangunannya yang unik pengunjung juga dapat menuju ke berbagai obyek wisata yang letaknya tidak jauh dari kompleks Rumah Dome. Obyek wisata yang ditawarkan yaitu Belik Wunut, Belik Cangkok, Tanah Ambles, serta Dome View untuk melihat pemandangan kompleks Rumah Dome dari tempat yang tinggi.

Begini nih gambar rumah dome dome kampung nglepen:

tempat unik di jogja
rumah teletubies
rumah dome
Rumah Dome ini juga ternyata banyak digunakan di Amerika serikat, tepatnya di daerah Florida, hal ini dikarenakan di sana banyak terjadi angin topan dengan kecepatan yang tinggi.

dan untuk interior bangunan, si perancang cukup mengatur tata letak ruangan sesuai penampang tepi lingkaran. beginilah gambaranya:


pembagian ruangan
pembagian ruangan dengan menggunakan tepi lingkaran


pembagian ruangan

pembagian ruangan dengan seluruh penampang lingkaran


Gimana, tertarik untuk membuat rumah Teletubbies...

Sumber: http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/03/rumah-teletubbies-rumah-unik-anti-gempa.html
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar