Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Jumat, 21 November 2014

Wisata di Keraton Yogyakarta, yuk?

Liburan akhir tahun kemana bro, kalau liburan ke jogja percuma kalau tidak mampir ke Keraton Yogyakarta, Keraton Kesultanan Ngayogyakarto Hadiningrat. Kesultanan Ngayogyakarta ini resmi bergabung menjadi bagian dari Republik Indonesia pada tahun 1950, namun kompleks dan bangunan di keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan dan tradisi kesultanan hingga sekarang ini.  

Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada sebagian tempat yang merupakan museum terdapat banyak koleksi milik kesultanan, seperti replika pusaka keraton, gamelan. foto, miniatur, barang-barang keramik dan pecah belah dan aneka jenis batik tersimpan di dalam diorama yang tertutup kaca bening.

Luas Kraton Yogyakarta adalah 14.000 m². Didalamnya terdapat banyak bangunan-bangunan, halaman-halaman dan lapangan-lapangan.

Kita mulai dari halaman kraton ke utara:
1. Kedaton/Prabayeksa
2. Bangsal Kencana
3. Regol Danapratapa (pintu gerbang)
4. Sri Manganti
5. Regol Srimanganti (pintu gerbang)
6. Bangsal Ponconiti (dengan halaman Kemandungan)
7. Regol Brajanala (pintu gerbang)
8. Siti Inggil
9. Tarub Agung
10. Pagelaran (tiangnya berjumlah 64)
11. Alun-alun Utara dihias dengan
12. Pasar (Beringharjo)
13. Kepatihan
14. Tugu

Dalam sejarah Indonesia kita mengenal suatu perjanjian Giyanti tahun 1955 yang membagi dua Kerajaan Mataram menjadi Kesunanan Surakarta di bawah pemerintahan Pakubuwono III dan Kasultanan Ngayogyakarta di bawah pimpinan Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar menjadi Sultan Hamengkubuwono I dan pesanggrahan Ayodya yang kemudian di bangun menjadi Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Pada hari hari tertentu terdapat sebuah pertunjukan seperti musik gamelan, wayang golek, pertunjukan tari, macapat, dan wayang. Jadi, masbro kalau maen ke Jogja bisa saja mampir ke tempat wisata Keraton Yogyakarta biaya masuk murah kok cuma Rp.5000 rupiah saja untuk kita-kita (maksudnya bule ireng hehehe).


Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar