Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Senin, 08 Desember 2014

Camilan Ekstrim Belalang Goreng Wonosari Gunung Kidul

Belalang merupakan sejenis serangga yang mengganggu tumbuhan dan tanaman di sawah. Saya teringat ketika waktu melakukan praktek kerja di daerah Ponjong, Wonosari, Gunung Kidul. Sekitar satu bulan melakukan praktek kerja di daerah tersebut. Hal yang masih teringat ketika waktu itu rekan kami mampir membeli rentengan belalang yang di jual di pinggir jalan menuju kota Wonosari. Hampir sepanjang jalan ada orang yang jual belalang goreng ini dengan motor yang diparkir di pinggir jalan.

Belalang merupakan sejenis hama pengganggu bagi para petani, karena di daerah tersebut banyak sekali jumlanya, maka belalang kerap kali di jadikan santapan sebagai lauk pauk pengganti daging ataupun tempe. Tak terkecuali di kampung halaman saya, ketika musim penghujan tiba maka akan semakin banyak belalang yang tumbuh subur. Al hasil belalang pun di jadikan buruan bagi para petani. Karena jumlahnya yang sangat banyak maka hasil buruannya pun juga banyak, kadang sampai rentengan kalau di goreng bisa satu wajan besar penuh hehe.

Karena saking banyaknya kadang inisiatif orang untuk menjualnya rentengan pun muncul, hal ini sering di jumpai di pinggir-pinggir jalan arah Kota Wonosari. Selain itu belalang goreng sekarang ini menjadi ikon kuliner di Kabupaten Gunung Kidul, selain di konsumsi sendiri maka ada juga yang di kemas dalam bentuk Snack, dan di kirim ke toko pusat oleh-oleh khas Gunung Kidul, hehe unik ya. Tentunya dengan di goreng garing atau kalau tidak di goreng tepung. Selain itu ada juga model rumah makan atau warung yang menyajikan menu belalang goreng ini, namun waktu-waktu tertentu saja yaitu ketika musim belalang tiba.

Itu aja bro kisah tentang nasib walang goreng di Gunung Kidul yang di jadikan santapan kuliner.

Google Ping

Artikel Terkait