Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 25 November 2014

Stress Biang Keladi Insomnia?

Buset dah tadi malam susah banget tidur, apa yang salah dengan mata ini kok tidak bisa merem-merem. Hasilnya ya siang hari terasa kantuk banget, huft capek deh... Apa sih penyebab insomnia? Insomnia sering di sebabkan oleh adanya penyakit atau akibat permasalahan psikologis, permasalahan psikologis ini misalnya saja stress, banyak pikiran, dll.

Gejala insomnia misalnya tidurnya tidak pulas, sering terbangun, kadang bangun dini hari tapi mau tidur lagi susah banget, atau memang dari awal susah tidur. Biasanya juga di tandai dengan gelisah namun sering menguap. Pola tidur terganggu semacam ini biasanya disebabkan:

  • bekerja hingga larut malam
  • sering berubah-ubah jam kerja
  • efek samping obat
  • kerusakan pada otak
  • banyak pikiran
Sebenarnya mimin sendiri pernah mengalami hal seperti ini, kadang bukan cuma sehari atau dua hari namun bisa berhari-hari mengalami insomnia atau susah tidur. Kebanyakan dari orang yang mengalami insomnia mereka memakai obat tidur atau semacam ctm supaya bisa tidur pulas. Namun apakah itu baik untuk kesehatan, kalau mimin takutnya ketergantungan saja sih. mungkin kalau sesekali tidak masalah.

Kalau cara mengatasi insomnia berat, resep mimin apabila mengalami gejala insomnia adalah relaksasi, ini pernah mimin coba dan berhasil. Relaksasi dengan cara mengistirahatkan semua organ tubuh kita, misalnya pikirian kita yang dulunya mikirin utang. Mimin sih bilang sama diri sendiri 'utang enyahlah kau, sekarang anggap lunas ya hehe' sambil berkata dalam hati, maka redakan ketengangan otot-otot baik itu di kepala, tangan, kaki. Semua anggota badan dengan rileks, istirahatkan semuanya.

Kadang dalam hal ini juga harus mengatur pola nafas, mimin sendiri sering mencoba dengan nafas panjang sebelum melakukan relaksasi tersebut. Yakni mengatur pola pernafasan kita, dengan cara tarik nafas panjang, menahan nafas beberapa detik, kemudian menghempaskan secara pelan-pelan. Sambil memberi sugesti pribadi. Bisanya dengan seperti itu tak lama mimin terlelap, mungkin masbro mau caba? Silakan!


Google Ping
Artikel Terkait

2 komentar :

  1. Sebaiknya sih jangan diatasi dengan minum obat, kecuali kalau sudah parah ya.
    Meditasi dengan olah nafas dalam posisi berbaring memang bisa berhasil, saya juga pernah nyoba. Kalau yang muslim bisa disertai dengan berdzikir.
    Membalas kunjungan nih :)
    www.1sthappyfamily.com

    BalasHapus