Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Kamis, 22 Januari 2015

Keindahan Batu Bacan Membuat Harganya Makin Mahal

Kekayaan alam Indonesia memang patut di acungi jempol, kali ini mengenai batu mulia yang berasal dari pulau bacan yang terletak di kepulauan Halmahera. Batu ini semakin populer di kalangan pecinta batu akik, terutama batu bacan hijau, batu bacan doko, batu bacan palamea, ataupun yang berbentuk kristal.

Kalau dahulu batu akik sering dikaitkan dengan hal mistik dan kekuatan gaib, berbeda dengan sekarang batu akik merupakan hasil kerajinan yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Selain batu mulia seperti topas, opal, obsidian, batu bacan mempunyai keindahan dan ciri khas tersendiri.

Batu bacan merupakan batu mulia yang sangat populer hingga saat ini, bahkan oleh pecinta batu akik pun dihargai sangat mahal. Mulai dari anak muda baik laki-laki maupun perempuan gemar mengkoleksi batu ini, biasanya berupa assesoris seperti batu akik, liontin, atau perhiasan lainnya. Hal ini pun menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengrajin.

Karakteristik batu bacan sangat menarik. Sebab, serat batu yang banyak secara perlahan akan membuat batu bacan menjadi lebih bersih atau bening dan mengkristal dalam waktu yang cukup lama dengan sendirinya.

Sebagai panduan singkat bahwa jenis batu bacan berkualitas yang umum dikenal dan beredar di pasaran ada dua, yaitu bacan doko dan bacan palamea. Bacan doko kebanyakan berwarna hijau tua sedangkan bacan Palamea berwarna hijau muda kebiruan. Nama palamea dan doko sendiri diambil dari nama desa di Pulau Kasiruta. Kedua desa tersebut memiliki deposit batu bacan cukup banyak selain di desa Imbu Imbu dan Desa Besori. Batu bacan sendiri merupakan jenis batu krisokola yang kebanyakan berwarna hijau kebiruan. Kekerasan awal batu ini berkisar antara 3-4 pada skala Mohs. Batu Bacan berkualitas adalah yang telah mengalami proses silisifikasi sehingga kekerasannya mencapai 7 pada skala Mohs. Batu bacan yang sudah memproses alami akan terlihat mengkilat dan keras ketika sudah diasah(Indonesia Travel)


Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar