Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 03 Februari 2015

Cara Membuat Pentol Bakso Daging Sapi Yang Gurih

"Aku pengen pentol seng akeh emi'ne,aku pengen pentol...pentol...pentol...pentol...seng ono endog'e", ada yang pernah dengar penggalan bait lagu tersebut? Memang beberapa waktu yang sedang ngetrend nya lagu dangdut koplo, seiringan dengan musik dangdut oplosan dan... Namun bukan masalah lagu yang kita bahas namun masalah pentol.

Yups, ada yang tahu pentol? Jajanan khas nusantara yang cukup terkenal dari sabang sampai merauke ini siapa yang ga tahu, pasti tahu lah! Yuk, kita intip bagaimana cara membuat pentol;


Yang pertama harus di persiapkan adalah bahan-bahan seperti;
  1. 300gr daging sapi di cincang
  2. 3 sendok makan tepung kanji
  3. 3 buah bawang putih haluskan
  4. 1 buah butir telur, ambil putihnya saja
  5. 1 senduk makan garam 
  6. 1/2 sendok teh merica 
  7. bubuk penyedap rasa secukupnya 

Oke langsung saja dengan cara membuat bakso yang praktis
  1. Haluskan bawang putih, silahkan tumbuk atau blender.
  2. Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
  3. Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
  4. Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat. Nah disini saya yakin anda bisa untuk membuat bulatan bakso.
  5. Masukkan bulatan bakso yang anda buat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
  6. Angkat bakso yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.
Itu tadi sekilas mengenai cara membuat pentol bakso, cara ini sebenarnya sudah banyak di bahas di berbagai media, namun tidak ada salahnya saya tuangkan lagi di blog ini. trims

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar