Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Sabtu, 25 April 2015

Penghasilan Tukang Odong-Odong Lumayan Juga Gan!

Odong odong merupakan sarana hiburan anak-anak yang murah meriah, yang tak kalah jauh sama permainan kereta sekelas time zone. Di daerah Samarinda tepatnya, sering kali kita melihat tukang odong-odong yang sedang menghibur anak-anak apalagi ketika pasar malam tiba hampir di setiap sisi ada permainan odong-odong. Bisnis odong odong kereta pun juga sangat menjanjikan dilihat dari antusiasme anak anak yang ingin menaiki odong-odong kereta.

Peluang usaha mobil odong odong perlu anda lirik pasalnya, Tepatnya di jl KS Tubun Dalam Samarinda ketika pasar malam tiba kami hendak berbelanja di pasar malam bersama anak dan istri, Sambil mengantar istri berbelanja saya menemani anak saya yang berumur 2 tahun untuk naik odong-odong. Sempat berbincang-bincang dengan tukang odong-odong yang begitu ramah dengan para pelanggannya. Tentunya melihat kenyataan seperti ini menunjukkan bisnis usaha odong-dong sangat menjanjikan. Oya.. bisnis usaha odong-odong ini kebanyakan memakai model karakter film kartun atau odong-odong mobil dan odong odong motor, jika anda terarik dengan usaha seperti ini ada baikya mencoba mencari orang yang jual odong odong bekas sebagai awal permulaan.

Sambil menunggu istri berbelanja saya ngobrol ngalor ngidul sama tukang odong-odong yang menrurut penuturannya belum lama tinggal di kota Samarinda, yakni sekitar 6 bulan. tukang odong-odong ini menceritakan tentang kebaikan bosnya yang telah mempunyai bengkel sendiri dan mempunyai banyak odong-odong, salah satunya yang di sewa oleh tukang odong-odong yang sering saya pakai jasanya. Bosnya menawari kerja dengan odong odong dengan sistem bagi hasil atau paroan, dengan yang menjalankannya. Tak lupa saya menyempatkan bertanya kepadanya perihal penghasilan odong- odong tersebut, dia menceritakan bahwa mencari rejeki dengan odong-odong kadang tidak tentu tergantung kondisi dan keramaian saat pasar malam. "Kadang dapat 170 ribu, kadang dapat penghasilan 150 ribu, tetapi pada saat ramai bisa mencapat 200 ribu lebih. kalau pas lagi sepi ya kadang cuma dapat 50 ribu bahkan pernah cuma mendapat 30 ribu dalam sehari tetapi walaupun begitu harus di syukuri" kata tukang odong odong tersebut.

Sebenarnyakalu di hitung-hitung lumayan juga dari penghasilan odong odong tersebut katakanlah dalam sehari dari jam 18.00 hingga jam 22.00(waktu pasar malam), 4 jam di pasar malam bisa mencapai 100 ribu-200 ribu, dalam sebulan? Itung sendiri pakai kalkulator. Karena menurut penuturan tukang odong-odong tadi hampir setiap malam ada pasar malam dengan lokasi yang berbeda-beda. Tentu dengan hasil segitu sangatlah lumayan ya bro...

Oke, sedikit gambaran saja tentang odong odong ini, biasanya tarif di tentukan per lagu anak-anak 1000 rupiah, dengan tempat duduk rata-rata 4 hingga 8 tempat duduk dan jam kerja selama pasar malam 4 jam. Kira kira dengan asumsi seperti itu bisa saja di perhitungkan namun terkadang kondisi lapangan yang tidak menentu.

Kalau di lihat untung ruginya dari usaha atau bisnis ini tentu saja dari kacamata  usaha pasti menguntungkan, tinggal untuk memperoleh penghasilan yang bagus tentu persaingan  harus juga menjadi bahanpertimbangan.

Itu tadi sedikit gambaran tentang odong-odong yang kalau di hitung-hitung juga patut di pertimbangkan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Trims.
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar