Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Kamis, 30 Oktober 2014

Waduk Sermo salah satu tempat wisata di Kabupaten Kulonprogo


waduk sermo
pintu masuk waduk sermo
Waduk Sermo? yups kali ini saya mau menceritakan salah satu tempat wisata di kulonprogo yaitu ketika saya mengunjungi waduk sermo beberapa tahun yang lalu, waktu itu memang saya lagi kerja buruh srabutan di daerah Kabupaten Kulonprogo. OKey, dah siap masbro, kita bahas dulu lokasi kesampaiannya.

Waduk Sermo terletak di Kabupaten Kulonprogo yang merupakan salah satu obyek atau tempat wisata primadona hehehe khususnya muda-mudi pasti seneng banget nih. Lanjut, waduk Sermo terletak di kawasan Bukit Menoreh yaitu dusun Sermo, Desa Hargowilis,  Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Waduk ini bisa di tempuh menggunakan sepeda roda 2 ataupun mobil dengan jarak tempuh kurang lebih 6 km dari kota Wates. Mengenai waktu pembuatan Waduk Sermo ini ketika masih jaman Pak Suharto yakni pada tahun 1996 dan di resmikan pula oleh Pak Suharto sebagai Presiden RI waktu itu. Waduk ini di bangun dengan membendung kali Ngrancah dengan kapasitas airnya mencapai 25 juta meter kubik. Tujuan pembangunan Waduk Sermo ialah untuk memberikan suplai air untuk sistem irigasi di daerah Kalibawang yang memiliki luasan daerah mencapai 7.152 Hektar.
waduk sermo
waduk sermo dari atas

Waktu itu saya dan temen-temen memang lagi kosong dari pekerjaan karena kondisi pekerjaan lagi "njeleput" dari pada bengong jalan-jalan ke waduk ini. Dengan mengendarai mobil perusahaan, kami berempat langsung tancap, melalu perjalanan yang berkelok-kelok dan menikung kekanan dan kekiri serta naik turun pegunungan jam 11 siang nyampailah di tempat ini. Memang tempat wisata di Waduk Sermo kala itu agak sepi karena biasanya cuma waktu-waktu tertentu saja tempat ini ramai di kunjungi apalagi waktu hari libur.

Bagi para mancing mania tempat ini juga cocok lho untuk mancing, karena sering kami temui sejumlah orang yang lagi asik memancing dengan memegang gagang pancingnya.menurut cerita sih di sini paling banyak ikan nila nya, tapi yang pasti banyak juga jenis ikan lain seperti mujair, cucut dan lainnya.
waduk sermo
jalan melingkar waduk sermo

Bagi anda yang pengin mengunjungi tempat ini di jamin deh puas dengan pemandangan alamnya. Lokasinya yang menghampar luas, hawa udaranya yang sejuk, serta keasrian dari deretan pepohonan liar yang masih terjaga membuat kawasan Waduk Sermo sebagai salah satu tujuan wisata alam yang tidak akan membosankan bagi siapa saja yang mencintai alam. Bisa juga anda berkeliling menggunakan perahu wisata ke tengah-tengah waduk, tapi tentu ada pemandunya atau anda bisa mengelilingi areal waduk dengan menggunakan kendaraan bermotor melewati jalan lingkar beraspal sepanjang 21 km.

Oke masbro, itu sekilas tentang waduk sermo di Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta, harapan saya sih nanti kalau ada waktu longgar bisa bermain kesana itung-itung ngurangi kepenatan wkwkwk.

Salam

Pasang Iklan Baris Gratis Di Iklancs.com Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar