Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Minggu, 24 Maret 2019

Nyantai Di Setren Opak Piyungan, Asyik Dan Murah Meriah

Adakah teman yang mempunyai rencana menghabiskan liburan di Daerah Istimewa Yogyakarta? Kalau begitu, ada tur menarik yang perlu dijadwalkan untuk bersantai dan menyegarkan pikiran Anda.
setren opak piyungan
Terletak di daerah Piyungan, Kabupaten Bantul, tempat ini dengan naungan pohon bambu dijamin membuat traveler merasa betah. Itu disebut Setren Opak dan selanjutnya ikuti beberapa ulasan dan serangkaian kesenangan di dalamnya

Setren Opak adalah tempat wisata murah meriah yang ada di sekitar rumpun pohon bambu. Keberadaan Sungai Opak menambah lanskap lengkap di sini. Berada di tepi sungai, tur yang relatif baru ini juga menghadirkan suasana yang indah dan membuatnya sejuk.

Soft opening telah diadakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2018 lalu. Sementara grand opening diadakan 16 Desember 2018 lalu.

Setren Opak terletak di Karangploso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Jogjakarta. Sangat mudah dijangkau dari semua sudut. Jalan menuju ke sini juga cukup mulus.

Jika berangkat dari Bandara Adisutjipto, Friend Traveler dapat mengendarai kendaraan melalui Jalan Tol Solo-Jogyakarta - Jalan Tol Berbah Utara - Sampan - Berbah - Jalan Sitimulyo Segoroyoso.

Meskipun berada di daerah pedesaan, aksesnya cukup mudah. Terlebih lagi, kita akan terbantu oleh tanda arah. Dijamin tidak akan tersesat.

Setren Opak buka setiap hari, tetapi jumlah pengunjung biasanya lebih banyak pada hari Sabtu dan Minggu. Mereka siap memanjakan wisatawan antara jam 8:00 dan 17:00. Tetapi untuk hari kerja, tujuan ini baru mulai beroperasi di siang hari.


Image result for setren opak piyungan
Masukkan lokasi wisata ini, Traveler Traveler tidak perlu membayar tiket masuk atau gratis. Pengunjung hanya perlu membayar layanan parkir, meski begitu.

Terletak di kawasan hutan bambu, manajer Opak Setren tampaknya sangat menyadari kelestarian lingkungan. Selama pengembangan tur ini, manajer yang merupakan penduduk Karangploso memutuskan untuk tidak menggunakan atau menebang pohon bambu.

Memang, ada beberapa properti menggunakan bahan bambu, tetapi manajer lebih suka membeli bambu dari luar daripada harus memotong bambu di daerah ini. Ini tentu saja merupakan bentuk pelestarian lingkungan, sekaligus bermanfaat sebagai antisipasi banjir.

Menimbang bahwa daerah tersebut dilewati oleh Sungai Opak, pariwisata Setren juga menghadirkan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan serunya aliran sungai dengan perahu. Untuk dapat merasakan kegembiraan ini, sementara pengunjung belum dikenakan biaya tertentu. Cukup bayar jumlahnya.

Teman wisatawan dapat mengundang teman perjalanan Anda untuk menikmati sensasi menaiki kapal. Satu kapal dapat menampung penumpang hingga 12 orang dewasa atau 20 anak-anak.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat pergi ke sungai adalah jangan lupa menggunakan pelampung, Friend Traveler. Tetap aman dan terjamin dimanapun Anda berada.

Setelah menikmati Sungai Opak, pengunjung dapat menikmati berbagai masakan di sekitar kawasan wisata. Sederetan warung sederhana berjajar rapi siap memanjakan lidah dengan beragam hidangan. Mulai dari kuliner nusantara tradisional hingga makanan kontemporer, semuanya bisa kita cicipi. Apalagi harganya juga ramah saku.

Tapi ingat, penjaja kuliner di sini hanya buka setiap hari Minggu Kliwon. Sebagian besar pedagang adalah ibu-ibu dari masyarakat setempat.

setren opak piyungan
Jika Anda ingin mencicipi masakan tradisional, Traveler Traveler dapat mencoba hidangan seperti sego wiwit, sego kelor, sate kere, tahu kupat, atau lontong sayur. Sementara untuk memuaskan dahaga Anda, Anda dapat memesan minuman seperti wedang angsle atau ice dawet.

Harganya pun cukup terjangkau. Misalnya, sego wiwit, yang dijual seharga Rp3.000. Sementara itu, kesenangan wedang angsle hanya bisa dirasakan dengan modal Rp5.000. Murah kan?
Selain berjalan di sepanjang sungai, pengunjung juga dapat menikmati musik live. Jika Anda mau, menyumbangkan lagu juga diperbolehkan.

Liburan di Setren Opak tentu akan lebih mengasyikkan karena tujuan ini juga dilengkapi akses Internet WiFi. Teman traveler selalu dapat memperbarui foto yang menarik di media sosial.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak kecil, Setren Opak juga menyediakan area bermain dengan wahana yang menarik seperti kereta mini dan ayunan. Dijamin anak-anak tidak akan repot saat berjalan di sini.

Dengan area yang cukup luas, Setren Opak menyediakan banyak tempat duduk bagi wisatawan. Jangan lupa mereka juga menghadirkan serangkaian spot foto menarik.

Menurut pengelola, pariwisata Setren masih akan dikembangkan. Di masa depan, tujuan ini akan dilengkapi dengan kendaraan menarik lainnya seperti jejak dan tubing sungai. Menarik menunggu?

Bagaimana, Anda tertarik mencoba mengunjungi Opak Setren di Sleman? Selain dari sungai, kelezatan kuliner yang lezat juga patut dicicipi. Bersenang-senang piknik tanpa membuat tas yang pecah tentu membuat Anda enggan pulang. Jangan lupa, undang semua keluarga dan teman-teman Anda untuk menjadi lebih menarik. Jika Anda mengunjungi Jogjakarta, jangan lupa mampir!


Artikel Terkait

1 komentar :

  1. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    BalasHapus