Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Senin, 03 November 2014

Asiknya tempat Wisata gratis di Tepian Sungai Mahakam


tepian sungai mahakam
Foto Tenggarong seberang
Sungai Mahakam menjadi tempat wisata gratis merupakan sungai terbesar di kalimantan timur yang bermuara di selat Makassar, sungai ini mempunyai panjang sekitar 920 km dengan melintasi beberapa Kabuaten di Kalimantan Timur yaitu Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Samarinda Ilir. Pesut Mahakam merupakan hewan mamalia khas di sungai ini yang kondisi sekarang ini sudah mulai punah.

Pemandangan yang indah dan menawan menjadikan tepian sungai mahakam di jadikan tempat wisata yang gratis bagi sebagian orang. Menikmati keindahan Mahakam dengan menyusurinya adalah merupakan pengalaman unik dan mengasyikkan. Deru suara kapal yang hilir mudik, ponton-ponton yang mengusung ribuan ton batubara, melihat bangunan-bangunan nan megah dari sudut pandang yang berbeda, maupun melihat bentangan jembatan-jembatan raksasa yang membelah Sungai Mahakam membuat semuanya menjadi tak terlupakan.

tepian sungai mahakam
Foto Pulau Kumala dari Seberang
Selain itu nikmati pula kehidupan masyarakat tepi sungai dengan ciri khas mereka yang tak mungkin dapat dijumpai melalui perjalanan darat. Menjelang matahari terbenam, kawasan tepian Mahakam akan semakin ramai dikunjungi. Sebab, menikmati senja di tepian menjadi daya tarik tersendiri. Banyak dari berbagai kalangan untuk menyempatkan diri menikmati keindahan di sungai mahakam ini dari anak muda maupun orang tua, hal ini pun di manfaatkan oleh para penjaja makanan dan minuman terutama di pinggiran Sungai Mahakam di Samarinda. Dari para penjual kacang rebus, jagung bakar, siomay, bakso, dan mie ayam turut meramaikan suasana di tepian mahakam terutama di depan kantor Gubernur Samarinda. 

tepian sungai mahakam
Saya Lagi Nampang di Jembatan
Berbagai macam kegiatan sering dilakukan di tepian sungai Mahakam ini, mulai dari angkutan transportasi sungai, tempat latihan mendayung bagi para atlit dan berbagai macam lomba ketika di adakan acara seperti festival Mahakam. Di kawasan tepian kota ini, kita juga bisa menemukan sentra penjualan amplang dan oleh-oleh khas Kalimantan (Borneo) Timur, juga puluhan penjual telur penyu. Telur penyu, konon berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit.

Beberapa wilayah di Kalimantan (Borneo) Timur hanya dapat dilalui dengan menggunakan transportasi sungai. Bahkan, transportasi sungai masih menjadi andalan bagi pengangkutan barang di Kalimantan (Borneo) Timur. Panjang sungai ini mencapai 920 km. Beberapa anak sungai yang bermuara di Sungai Mahakam diantaranya Sungai Tenggarong, Sungai Belayan dan Sungai Lawa.
    
tepian sungai mahakam
Sungai Mahakam dari depan Kantor Gubernur Kaltim
Tidak hanya ketinting  yang sering dijumpai di sepanjang Mahakam, kapal penumpang dengan tujuan seperti Melak, Long Iram, atau Damai yang berasal dari arah Samarinda juga melintas Sungai Mahakam. Interaksi masyarakat dengan Sungai Mahakam hanyalah sedikit bagian pemandangan menarik yang dapat wisatawan lihat saat menyusuri sungai yang bermuara di Selat Makassar ini. Karena sebenarnya masih banyak pesona dan kejutan-kejutan alam yang akan kita temui selama penyusuran ini. Bagi para petualang dan traveller, sungai yang juga menjadi habitat ikan pesut atau lumba-lumba air tawar ini memiliki panorama lengkap yang bisa memanjakan seluruh indera manusia. Hijaunya hutan, perbukitan, pepohonan yang rimbun, warna warni tumbuh-tumbuhan di pinggiran sungai memberikan hiburan pada mata dan pikiran. Suara-suara dari beragam fauna seperti bangau kecil, monyet, burung-burung, dan biawak tak jarang menjadi lagu pengiring selama dalam perjalanan.
tepian sungai mahakam
Banyak warga bersantai di tepi Sungai Mahakam
Mendekati Samarinda ketika dari hulu sungai, kita melewati sebuah pulau kecil yang terletak di tengah sungai Mahakam, yakni Pulau Kumala. Patung perunggu Lembuswana yang menjadi maskot Kerajaan Kutai Kartanegara, terlihat gagah berdiri di ujung pulau wisata kebanggaan Kota Tenggarong ini.

Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.
Sungai Mahakam memiliki beberapa anak sungai, di antaranya:
  1. Sungai Belayan 
  2. Sungai Kedang Pahu 
  3. Sungai Kedang Kepala 
  4. Sungai Batu Bumbun ,di Muara muntai
  5. Sungai Penyinggahan,di penyinggahan
  6. Sungai Bakung, 
  7. Sungai Berinding, menghubungkan ke danau melintang] 
  8. Sungai Telen 
  9. Sungai Tenggarong 
  10. Sungai Karang Mumus
tepian sungai mahakam
Transporatsi Sungai Mahakam Perahu Motor
Konon menurut orang asli kalimantan sini kalau ada pendatang baru yang sudah pernah minum air mahakam ini maka akan kembali lagi ke kalimantan, terkait benar atau tidaknya mungkin anda bisa membuktikannya sendiri. Kebetulan juga saya sudah hampir 10 tahun tinggal di Samarinda ini walaupun masih sering kembali ke pulau Jawa

Itu tadi sekilas mengenai Sungai Mahakam sebagai alternatif wisata gratis untuk mengurangi kepenatan dalam bekerja





Anda bisa juga membaca referensi terkait:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Mahakam
http://www.indonesia.travel/id/destination/94/sungai-mahakam
http://wisatakalimantan.wordpress.com/wisata-kalimantan-timur/sungai-mahakam/
http://aeronusantara.blogspot.com/2013/01/wisata-pelayaran-sungai-mahakam.html

Pasang Iklan Baris Gratis Di Iklancs.com Google Ping
Artikel Terkait