Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Selasa, 18 November 2014

Bakiak Permainan Tradisional Yang Perlu Di Lestarikan


permainan tradisional
Lomba lari bakiak di suatu perusahaan
Mungkin dari kita masih kenal yang namanya Bakiak, ya Bakiak merupakan jenis sandal yang terbuat dari kayu yang ringan dengan tali pengikat berupa ban karet bekas yang di paku kedua sisinya pada kayu yang di pakai alas kaki.

Bakiak ini sangat populer karena nilainya yang ekonomis dan tahan terhadap cuaca baik panas maupun dingin, di nilai ekonomis karena bahannya terbuat dari kayu dan dari ban karet bekas.

permainan tradisional
Peserta lomba bakiak
Dewasa ini sangat sulit di temui yang namanya sandal bakiak ini, hanya kadang dalam acara lomba-lomba tertentu seperti pada peringatan hari hari kemerdekaan.

Bakiak ini sering di pakai dalam permainan anak anak dalam sebuah lomba, yaitu dengan membuat tali dari ban bekas dengan kayu yang agak panjang sehingga bisa di pakai 3 pasang kaki dalam satu alas kaki dari kayu itu. Memang dengan seperti itu akan sulit bagi para pemainnya untuk berjalan selaras antara satu orang dengan yang lainnya. Namun dalam suatu perlombaan di syaratkan dalam satu group sepasang tidaklah boleh terjatuh sebelum garis finish di tentukan karena hal tersebut bisa terkena diskualifikasi atau game over bagi group tersebut.


permainan tradisional
Peserta lomba bakiak jatuh tersungkur
Pemenang dalam permainan tradisional ini yaitu ketika para peserta dalam satu group bisa mencapai garis finish dengan waktu tercepat tanpa jatuh dan keluar dari arena.

Game seperti ini perlu kita lestarikan terutama pada anak-anak sebagai generasi yang akan datang, mengingat semakin majunya perkembangan teknologi sekarang ini semakin banyak permainan tradisional di negara kita yang kian terkikis dan terkalahkan sama permainan modern.

Ilustrasi dalam foto di atas merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di perusahaan tempat mimin bekerja tahun 2006 lalu .

Salam

Google Ping
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar