Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Kamis, 28 Maret 2019

Perbedaan Membajak Sawah Dengan Kerbau Dan Traktor

perbedaan membajak sawah dengan kerbau dan traktor
Kelemahan dan kelebihan mengolah sawah menggunakan tracktor dan kerbau. Dalam hal hasil, lapangan kerja, risiko, dan biaya produksi.

Pada zaman kuno, penanaman sawah sangat sederhana, tetapi seiring dengan perkembangan zaman, sawah mulai bergeser, banyak alat pertanian dibuat oleh para ahli untuk memfasilitasi pemrosesan tanah.

Saya mencoba membahas bagaimana cara membajak sawah dengan traktor dan dengan alat tradisional, seperti kerbau atau sapi, setelah wawancara dengan pengrajin kerbau dan anggota PPL di desa Kadongdong, Kec. Banjarwangi, Kabupaten Garut, yaitu Bapak Masrian, ia mengatakan bahwa kemampuan kerbau untuk mengolah sawah sepanjang hari adalah 100 batu bata atau 1.400 m2. Di tempat kami, jam kerja petani mulai pukul 07.00 hingga 12.00.

Kerbau sebagai pembajak padi masih banyak digunakan di daerah ini. Ini terjadi karena di daerah ini sawah berupa teras dan banyak rawa. Sehingga membajak sawah dengan kerbau lebih efektif daripada membajak sawah dengan tracktor.

Namun seiring berjalannya waktu, tenaga kerja manusia untuk buruh tani semakin sedikit, dan peternak kerbau semakin sedikit, sehingga pergeseran mulai ada. Dengan kedatangan bantuan pemerintah dalam bentuk tracktor, sebagian besar petani merasa terbantu, karena traktor lebih hemat biaya dan bekerja lebih cepat dapat menghasilkan tiga kali lebih banyak daripada menggunakan kerbau.

Di sini kita akan menampilkannya data tentang perbandingan pengolahan sawah menggunakan tracktor dan kerbau.

Kerbau

  • Dapat menjangkau semua medan
  • Nilai Jual Semakin Tinggi
  • Biaya perawatan rendah
  • Hasil rendah
  • kerja lambat
  • biaya kerja lebih mahal
  • Tanah yang diolah tidak baik

Tracktor

  • hanya daerah datar dan dangkal
  • nilai jual turun semakin banyak
  • biaya perawatan yang tinggi
  • hasil tinggi
  • kerja cepat
  • biaya tenaga kerja lebih murah
  • lebih baik karena lebih dalam

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa keduanya sangat berguna untuk mengolah sawah di daerah kami. Namun semoga kerbau tidak pernah dimusnahkan karena selain membantu petani mengolah sawah, kerbau juga merupakan kebutuhan kita akan daging.

Di tengah gempuran kemajuan teknologi modern seperti traktor atau jenis pembajak sepeda motor lainnya, masih ada orang Indonesia yang menggunakan kerbau atau sapi untuk membajak ladang mereka. Kita tentu mengenal karapan sapi di pulau Madura, sebenarnya karapan sapi berasal dari penggunaan sapi untuk membajak sawah. Sementara kita bisa melihat penggunaan kerbau untuk membajak sawah di Sumatera Barat dan Jawa Barat.

Cara membajak sawah dengan kerbau atau sapi dalam mengolah sawah sebenarnya sangat bermanfaat, baik bagi petani maupun lingkungan. Jika kita amati dengan cermat, mengolah tanah menggunakan kerbau atau sapi akan lebih ramah lingkungan daripada menggunakan traktor.

Selain itu, semoga masyarakat kita tetap bersemangat bertani, terutama menanam padi karena berkat mereka kita masih bisa makan nasi. Terima kasih, Tn. Petani, atas antusiasme Anda yang terus menerus dan peningkatan produksi, sehingga menjadi petani adalah profesi yang bangga dan sejahtera bagi masyarakat.
Itulah perbandingan antara Pengolahan Tanah menggunakan kerbau dan menggunakan tracktor. semoga bermanfaat

Artikel Terkait

2 komentar :

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus
  2. Halo, saya Helena Julio dari Ekuador, saya ingin berbicara tentang Layanan Pendanaan Le_Meridian tentang topik ini.Le_Meridian Layanan Pendanaan memberi saya dukungan keuangan ketika semua bank di kota saya menolak permintaan saya untuk memberi saya pinjaman 500.000,00 USD, saya mencoba semua yang saya bisa untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank saya di sini di Ekuador tetapi mereka semua menolak saya karena kredit saya rendah tetapi dengan rahmat Tuhan saya jadi tahu tentang Le_Meridian jadi saya memutuskan untuk mencoba mengajukan permohonan pinjaman. dengan insya Allah mereka memberi saya pinjaman 500.000.00 USD permintaan pinjaman yang ditolak bank-bank saya di sini di Ekuador, sungguh luar biasa melakukan bisnis dengan mereka dan bisnis saya berjalan dengan baik sekarang. Berikut adalah Email Investasi Pendanaan Le_Meridian / Kontak WhatsApp jika Anda ingin mengajukan pinjaman dari mereka.Email:lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com WhatsApp Contact: 1-989-394-3740.

    BalasHapus