Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 24 Oktober 2018

Cara Membuat Fungisida Alami Dari Bawang Putih Untuk Anggrek Dan Tanaman Lainnya

Bawang putih adalah tanaman yang tumbuh dan banyak di budidayakan di Indonesia. Karakteristik bawang putih mempunyai aroma yang khas dan bau yang menyengat. Setiap hari, bawang putih sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Secara khusus, bawang putih bukan hanya sebagai bumbu masakan, tetapi bawang putih juga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi manusia. Seperti dalam bidang kesehatan bermanfaat untuk mengobati hipertensi, asma, batuk, pilek, sakit kepala, sakit kuning; sesak nafas, edema air, wasir, konstipasi, memar, abses; benda tajam, gigitan serangga, cacingan, dan insomnia (masalah tidur).

Cara Membuat Fungisida Alami Dari Bawang Putih Untuk Anggrek Dan Tanaman Lainnya
Hama Tanaman
Bukan hanya bermanfaat untuk manusia, tetapi bawang putih juga efektif untuk membuat tanaman menjadi sehat. Ekstrak bawang putih diketahui bermanfaat juga untuk mengendalikan beberapa jenis organisme pengganggu tanaman, baik itu hama serangga, bakteri dan jamur patogen.
Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium dan sekaligus nama umbi yang dihasilkan. Di Indonesia, setiap wilayah bawang putih dikenal dengan berbagai macam nama yang berbeda. Beberapa nama atau sebutan untuk bawang putih meliputi: Lasum, bawang mental, bawang hong, bawang handak, bawang palasuna (Sumatra); bawang bodas, bawang putih, babhang pote (Jawa); laisona maboteik (Nusa Tenggara); lasuna kebo, lasuna pute (Sulawesi); bawa subodo, bawa iso (Maluku).

Karakteristik tanaman bawang putih termasuk adalah tanaman semusim, dengan tinggi sekitar 50-60 cm. Berakar serabut kecil dan memiliki jumlah yang banyak. Memiliki batang semu, beralur, hijau. Daun tunggal, bentuk akar diatur ulang bentuk memanjang, tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm, lebar ± 1,5 cm, tebal dan berdaging dan berisi suplemen makanan yang terdiri dari umbi-umbi yang dilapisi dedaunan menjadi umbi bawang, hijau. Bunganya memiliki 3 kelopak, dan 3 mahkota dan 6 benang sari. Buah tidak berdaging. Biji berukuran kecil dan berwarna hitam. Habitat bawang putih Awalnya merupakan tanaman dataran tinggi sekarang di Indonesia, spesies tertentu dibudidayakan di dataran rendah.

A. Kandungan Senyawa Yang Terdapat di Bawang Putih.
Kandungan senyawa kimia yang terdapat di bawang putih meliputi: tanin, minyak atsiri, dialilsulfida, aliin, eliminasi, enzim aliinase. Semua bagian dari tanaman ini dapat di ambil ekstraknya baik itu berupa umbi, daun dan bunga

B. Cara Kerja Bawang Putih Sebagai Pestisida/Fungisida Alami

1. Ekstrak bawang putih berfungsi sebagai pengusir (repellent) hama tanaman, aroma yang menyengat menyebabkan hama serangga tidak mau mendekati tanaman.
2. Ekstrak bawang putih sebagai insektisida, nematicide, fungisida dan antibiotik. Ini berarti bahwa pestisida bawang putih dapat digunakan untuk mengendalikan hama pada tanaman, nematoda dan penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur.

C. Cara Membuat Fungisida Alami dari Bawang Putih

1. Bahan:

  • 100 gram bawang putih
  • 50 ml minyak sayur
  • 10 ml deterjen atau sabun colek (1 sendok teh bubuk / krim)
  • 1 liter air bersih
  • Ember, filter, dan botol

2. Cara membuat:

  • Hancurkan atau giling 100 gram bawang putih hingga halus
  • Tempatkan dalam wadah dan tambahkan 50 ml minyak sayur
  • Simpan dan biarkan siang dan malam (24 jam)
  • 24 jam kemudian tambahkan 1 liter air dan deterjen atau sabun
  • Aduk-aduk sampai merata
  • Siapkan botol dan saring ampasnya
  • Pestisida dari bawang putih siap digunakan
  • Aplikasikan secara langsung dan jangan disimpan lebih dari 3 hari

3. Cara menggunakan;

  • Larutan pestisida bawang putih dicampur dengan air bersih, dengan perbandingan 1: 10 (1 larutan pestisida nabati dan 10 bagian air)
  • Lakukan pengadukan sampai benar benar tercampur merata
  • Lakukan penyemprotan secara menyeluruh dari semua bagian tanaman dan kocorkan pada akar ketika digunakan untuk mengendalikan hama di tanah.
  • Semprotkan pada pagi hari sebelum matahari terbit atau menjelang petang

4. Sasaran hama dan penyakit;

  • Ulat grayak, ulat daun, ulat buah, ulat bunga pada tanaman.
  • Hama penghisap, kutu daun, oteng-oteng, Pengerek daun
  • Nematoda / puru akar
  • Bakteri, antacnose, embun tepung dan beberapa penyakit yang disebabkan oleh jamur

Itu tadi sekilas Cara Membuat Fungisida Alami Dari Bawang Putih Untuk Anggrek Dan Tanaman Lainnya. Semoga bermanfaat ...

Google Ping
Artikel Terkait

1 komentar :

  1. DUKUN PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    MBAH SAPTO Silakan kunjugi atau klik web:
    http://www.dukunpesugihanampuh.com
    Pesugihan Dana Hibah/ Penarikan Dana Gaib
    Pesugihan Tukar Janin
    Pesugihan Tuyul (Tanpa Harus Menyusui)
    Pesugihan Uang Balik
    Pesugihan Tanpa Tumbal (Putih)
    Pesugihan Nikah Jin
    Mbah Sapto Juga memiliki berbagai kemanpuan lainya sbb:
    Pengeretan Pelet Sesama Jenis
    Pengasihan
    Pelarisan Dagang
    Kenaikan Pangkat / Kedudukan
    Menghancurkan Saingan Tumbal Usaha
    Jual Tanah Dan Rumah Supaya Cepat Laku
    Santet Banaspati Dan Leak
    Ilmu Pesugihan Putih Mbah Sapto adalah seperangkat pengetahuan dan praktek spiritual yang dapat membantu Anda mendapatkan kekayaan lebih banyak dalam waktu lebih cepat dari biasanya. Sebagai contoh, saat ini Anda menghasilkan sekian juta rupiah dalam sebulan. Setelah mempraktekkan atau mengamalkan Ilmu Pesugihan Putih, penghasilan Anda tersebut dapat ditingkatkan berlipat-lipat kali dalam waktu singkat tanpa tumbal, tanpa sesajen dan tanpa melanggar ajaran agama manapun sebab Ilmu Pesugihan Putih di lakukan secara islami dalam pengamalannya.
    Dapat diperoleh dan diamalkan dari jarak jauh tanpa mengorbankan waktu Anda yang berharga Mudah diamalkan, sebab Panduan Ilmu Pesugihan Putih telah dikemas sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan diikuti petunjuk demi petunjuknya
    Untuk meminta bantuan beliau dalam hal mendatangkan uang gaib,
    pesugihan seksual ataupun jenis pesugihan lainnya
    Anda Bisa Datang Langsung Ke alamat:
    Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Malang, Jawa Timur.
    maka anda bisa menghubungi Mbah Sapto
    melalui Telpon-langsun : 0822 1033 2990
    Silahkan hubungi beliau sekarang juga agar bisa segera melaksanakan ritual, karena ada begitu banyak orang yang telah antri untuk melakukan pesugihan putih tanpa tumbal.

    BalasHapus