Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 03 September 2014

Peluang usaha warnet di pedesaan Dengan Modal terbatas

Oke masbro, kita coba melihat suatu peluang usaha yakni warnet. Seiring kemajuan perkembangan teknologi sekarang ini tuntutan informasi, akses data, dan bahkan kemajuan usaha atau bisnis tidak lepas dari kehadiran internet. Teknologi gadget pun tak terlepas dari koneksi internet, berarti peluang usaha di bidang internet pun masih terbuka lebar dong...


Tujuan Pengunjung datang ke warnet pun berbeda-beda antara satu dengan lainnya, mulai dari sekedar browsing, facebook-an, mendownload sampai dengan meng copy file. Dan ada beberapa hal yang memang tidak dapat terpenuhi oleh gadget dan modem.

Usaha warnet mempunyai beberapa keunggulan:

1. Usaha warnet dan game online adalah usaha yang tidak mengenal jaman, karena seiring berjalannya waktu kebutuhan akan akses data dan informasi semakin besar. Main internet dan game bersama teman-teman di warnet jauh lebih seru daripada bermain sendiri di rumah
2. Cepatnya rasio balik modal
3. Usaha warnet yang baik tingkat persaingan relatif kurang
4. Kebutuhan akan internet dan game online yang semakin lama semakin besar.

5. Usaha warnet dan game online adalah usaha yang sangat mudah diawasi karena sistem keuangan yang ter komputerisasi

Cara Memulai Bisnis Warnet  dengan Modal Terbatas –

Bisnis warnet masih memiliki pangsa pasar yang luas terutama di pedesaan. Kebutuhan masyarakat akan konten online dan permainan game online harus dimanfaatkan dengan benar. Membangun bisnis warnet adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat dari kebutuhan masyarakat akan konten dan kebutuhan informasi lewat online.
Bisnis warnet sering dikaitkan dengan bisnis modal besar. Banyak orang tidak memulai bisnis ini karena mereka pikir mereka harus menghabiskan banyak uang. Tentunya tidak harus menggunakan modal besar.
Akan tetapi bisnis warnet yang cerdas tidak membutuhkan modal begitu banyak. Anda bisa mendapatkan komputer dengan harga murah. Dengan itu, Anda dapat memulai bisnis warnet.

Cara Memulai Bisnis Kafe Internet dengan Modal Terbatas

peluang usaha warnetCara Memulai Bisnis Kafe dengan Modal Terbatas - Bisnis warnet sangat erat kaitannya dengan layanan. Semakin baik layanan Anda, semakin banyak orang ingin bermain di kafe internet Anda.
Faktor lain yang sangat penting adalah faktor kecepatan internet Anda. Semakin cepat koneksi internet di warnet Anda, akan semakin ramai. Selain itu, Anda juga harus selalu melakukan permainan tambalan dengan cepat setiap kali ada pembaruan dari pusat permainan.

Cara mendapatkan komputer dengan harga murah
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk berburu komputer murah misalkan di situs-situs hjual beli atau di social media.  Jika Anda mencari melalui situs online, misalnya OLX.co.id, pencarian akan sangat mudah dan cepat.

Terlihat ada orang yang menjual harga komputer bekas dengan harga hanya Rp 1,2 juta. Perlu dicatat bahwa Anda harus memastikan Anda bisa mendapatkan apa saja dengan harga Rp. 1.2 juta. Kemudian perhatikan juga spesifikasi komputer yang ditawarkan.
Jika Anda tidak menemukan computer bekas dari OLX, maka Anda dapat mencari warnet terdekat dan tanyakan informasi mengenai tempat tempat  menjual computer bekas, atu tanyakan ke mereka apakah akan menjaual koputer-komputer mereka terutama untuk warung internet yang sepi. Karena kemungkinan besar warnet yang sepi bisa tutup kapan saja.
Menyewa Lokasi untuk Bisnis Warnet
Lokasi yang tepat untuk membangun bisnis warnet ada di sekitar sekolah. Tapi jangan terlalu dekat dengan sekolah karena ada kemungkinan menyebabkan siswa bolos dan datang ke warnet.

Jika Anda menemukan anak sekolah yang bolos maka Anda tidak boleh membiarkannya bermain sampai ia melepas seragam sekolahnya. Saya telah melihat sebagian besar warung internet menerapkan aturan ini untuk menghindari protes dari sekolah.

Analisis Modal Usaha Kafe Kecil
Jika Anda mendapatkan komputer murah, Anda akan sangat menghemat modal untuk membuka bisnis ini. Harga rata-rata komputer baru lengkap dengan monitor dan mouse adalah sekitar Rp. 6 ~ 7 juta, sangat berbeda dari komputer bekas.
Komputer bekas harus komputer rakitan. Jadi, jika bagian dari komponen rusak, Anda cukup mengganti komponen yang rusak. Ini sangat berbeda ketika membeli komputer serba bisa. Ketika rusak, biasanya harus mengganti seluruh komputer.
Image result for peluang usaha warnet 
Modal Properti
10 unit PC bekas @ Rp 2.000.000 = Rp. 20.000.000
10 unit kursi dan meja @ Rp. 500.000 = Rp. 5.000.000
1 meja dan kursi operator @ Rp. 500.000 = Rp. 500.000
1 unit printer @ Rp. 1.000.000 = Rp. 1.000.000
1 unit Switch 16 Port @ Rp. 1.000.000 = Rp. 1.000.000
Total Modal Properti IDR 27.500.000

Modal Lainnya
Lokasi / Tahun Sewa = IDR 3.500.000
Instalasi dan Biaya Instalasi Komputer = Rp 2.000.000
Total Modal Lainnya Rp.5.500.000

Total modal awal adalah Rp. 33.000.000

Biaya Operasional Bulanan
Biaya internet = Rp. 1.000.000
Gaji Karyawan = Rp. 1.500.000
Biaya Listrik = IDR 2.000.000
Total Biaya Operasional Rp 4.500.000

Laba bersih
Jika Anda menetapkan harga Rp3.500 / jam, dan setiap komputer disewa selama 10 jam, maka dari satu komputer Anda bisa mendapatkan uang senilai Rp35.000. Karena Anda memiliki 10 komputer sehari Anda bisa mendapatkan Rp. 350.000 dalam bentuk tunai
Laba kotor per bulan adalah Rp. 350.000 x 30 = Rp. 10.500.000
Laba Bersih adalah Rp10.500.000 - IDR 4.500.000 = Rp6.000.000.
Laba bersih terlihat sedikit benar? Jangan salah sangka! Anda hanya membeli 10 komputer, bayangkan jika ada 100 unit di warnet Anda, maka penghasilan bulanan mencapai Rp60 juta!

Menemukan Teknisi Komputer yang Andal
Anda harus memperhitungkan ini. Jika Anda memiliki teknisi yang tidak dapat diandalkan maka warnet Anda akan sulit dijalankan dengan lancar.

Kami menyarankan Anda mencari teknisi yang andal dan baik dan dapat dipanggil kapan saja. Lakukan kontrak kerja yang saling menguntungkan sehingga jika kafe Anda mendapat masalah teknis, hal itu dapat segera diperbaiki.

Cara Berhasil Mempromosikan Kafe
Promosi warnet yang sukses adalah dengan membuat paket internet untuk pelanggan Anda. Biasanya paket internet murah yang ditawarkan adalah jika Anda bermain 4 jam, Anda akan mendapatkan diskon harga.
Jika Anda menetapkan harga Rp 3.500 / jam maka Anda dapat menetapkan harga IDR 10.000 / 4 jam. Tentu saja ini akan membuat pelanggan Anda lebih mungkin untuk mengambil paket karena ada perbedaan harga yang besar.

Anda harus ingat bahwa sebagian besar pemain warnet adalah anak-anak hingga remaja. Jarang orang dewasa bermain di kafe kecuali warnet remang-remang.
Cara Berhasil Mempromosikan Kafe
Selain promosi paket, Anda juga dapat mempromosikan turnamen game online. Setiap pelanggan Anda dapat mendaftar sebagai peserta turnamen game online dan jika mereka menang, mereka akan mendapatkan hadiah besar.
Dengan melakukan ini, banyak gamer akan datang dan bermain di kafe Anda. Metode ini adalah cara promosi branding yang cukup efektif.

Kiat Sukses dalam Bisnis Kafe Internet
Bisnis warnet tidak terlalu sulit. Bisnis ini meski awalnya modalnya cukup besar tetapi tidak akan merugikan Anda. Jika Anda merasa bisnis ini tidak lagi berfungsi, maka Anda dapat menjual warnet Anda lagi.

Perhatikan hal-hal penting terkait biaya operasional. Anda harus pandai menekan biaya operasional sehingga bisnis warnet Anda tidak ditutup. Cara terbaik adalah tidak menyewa lokasi bisnis yang mahal, tetapi kafe internet masih mudah dijangkau.

Jika Anda memiliki tanah sendiri, maka bangunlah sebuah kafe sehingga Anda tidak perlu membayar sewa lokasi lagi. Selain itu, Anda juga dapat menjual voucher game online, kredit, peralatan game, peralatan komputer, minuman, makanan ringan.

Dengan menambahkan layanan tambahan ini, penghasilan Anda akan naik dengan cepat. Upaya pertama adalah menjaga kenyamanan pelanggan.

Setiap pelanggan Anda, tidak peduli apakah mereka anak-anak kecil atau orang dewasa, harus dilayani dengan baik. Jika Anda suka memainkan game online multi-pemain, maka Anda dapat mempromosikan warnet Anda untuk mereka.

Demikian artikel Cara Memulai Bisnis Kafe dengan Modal Terbatas yang saya harap dapat membantu Anda memulai bisnis warnet. Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian dari salah satu kafe internet di kota tempat saya tinggal. Kemungkinan analisis perhitungan harga dalam artikel ini berbeda dengan di mana Anda berada.

Nah itu sedikit gambaran tentang usaha warnet atau pun game online yang menurut kami masih mempunyai peluang untuk di coba sebagai bidang usaha.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar