Pasang Banner

Pasang Banner
Pasang Banner

Rabu, 25 Maret 2015

Bukit Bangkirai, Wisata Alam yang Mempesona


Jika anda ingin berwisata di akhir pekan, kawasan wisata alam Bukit Bangkirai yang terletak di Kecamatan Samboja mungkin dapat dijadikan pilihan liburan bersama keluarga, relasi atau kekasih. Di kawasan Bukit Bangkirai ini, wisatawan dapat menikmati suasana hutan hujan tropis yang masih alami dan bahkan kicauan burung dan suara-suara satwa hutan lainnya pun masih dapat didengarkan.

Tak hanya itu, para wisatawan yang memiliki masalah berada di ketinggian mungkin dapat mencoba tantangan untuk meniti canopy bridge atau jembatan tajuk yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai. Tentunya ada perasaan ngeri namun mengasyikkan bila menyusuri jembatan gantung di ketinggian 30 meter dari muka tanah sementara desiran angin yang sejuk cukup membuat bulu kuduk merinding, apalagi jembatan semakin berayun-ayun di saat kita baru mencapai separo jalan.

Tapi bagi yang jiwanya tidak memiliki masalah terhadap ketinggian, berjalan menyusuri canopy bridge sungguh menyenangkan. Dari atas canopy bridge, wisatawan dapat dengan leluasa melihat panorama hutan hujan tropis (tropical rain forest) Bukit Bangkirai serta mengamati dari dekat formasi tajuk tegakan "Dipteropcarpaceae" yang menjadi ciri khas hutan hujan tropis, yang membentuk stratum atas yang saling sambung menyambung.

Panjang keseluruhan canopy bridge yang ada di Bukit Bangkirai adalah sepanjang 64 meter yang menghubungkan 5 pohon Bangkirai. Untuk mencapai canopy bridge, terdapat dua menara dari kayu ulin yang didirikan mengelilingi batang pohon Bangkirai.
"Canopy bridge yang ada di Bukit Bangkirai ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang kedelapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat, dan dari segi keamanan juga cukup terjamin." kata Ir Ruspian Noor, salah seorang petugas dari PT Inhutani I.

Sebagai kawasan wisata alam, berbagai sarana dan prasarana telah dipersiapkan bagi para wisatawan yang datang seperti restoran dengan menu yang cukup bervariasi, lamin untuk pertemuan yang mampu menampung 100 orang, serta penginapan berupa cottage dengan fasilitas AC maupun jugle cabin, yakni cottage yang tidak dilengkapi fasilitas listrik sehingga wisatawan yang menginap disitu dapat merasakan suasana hutan yang sebenarnya.
Kawasan Bukit Bangkirai yang luasnya mencapai 1.500 hektare ini merupakan kawasan hutan konservasi yang mempunyai peran penting untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan lingkungan dan kehutanan.
Kawasan hutan wisata ini bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata alam dan penelitian ilmiah serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan dan hutan. Pada tanggal 14 Maret 1998, 510 hektare dari kawasan ini diresmikan sebagai kawasan wisata oleh Djamalludin Suryohadikusumo, Menteri Kehutanan RI pada Kabinet Pembangunan VI sebagai upaya pengembangan potensi wisata alam dan ilmiah serta untuk meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan terutama pada flora dan fauna.
Kawasan wisata alam ini diberi nama Bukit Bangkirai karena dominannya pohon jenis Bangkirai yang tumbuh di kawasan hutan lindung ini. Pohon Bangkirai pun kemudian dijadikan maskot utama obyek wisata yang telah mendunia ini. Di kawasan ini banyak terdapat pohon Bangkirai yang berumur lebih dari 150 tahun dengan ketinggian mencapai 40 hingga 50 m, dengan diameter 2,3 m. Pertumbuhan banir (akar papan) yang besar dan kuat menjadikan pohon ini memiliki nilai keindahan tersendiri.
Bukit Bangkirai terletak sekitar 150 km dari kota Tenggarong atau Samarinda dan hanya sekitar 58 km dari arah kota Balikpapan serta 20 km dari ibukota Kecamatan Samboja. Untuk mencapai kawasan wisata alam ini, wisatawan dapat menempuhnya melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Secara geografis, kawasan Bukit Bangkirai termasuk dataran rendah (primary lowland) "Dipterocarp forest" yang stabil, sehingga kawasan ini dijadikan tempat invasi burung dari wilayah Kawasan Hutan Taman Wisata Bukit Soeharto (sekitar 30 km) maupun wilayah sekitarnya yang terkena pengaruh kebakaran hutan. Dari pengamatan yang telah dilakukan, terdapat 113 jenis burung yang hidup di kawasan Bukit Bangkirai ini.
Jenis-jenis fauna yang ada di kawasan Bukit Bangkirai adalah Owa-Owa (Hylobates muelleri), Beruk (Macaca nemestrina), Lutung Merah (Presbytus rubicunda), Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Babi Hutan (Susvittatus), Bajing Terbang (Squiler) serta Rusa Sambar (Corvus unicolor) yang telah ditangkarkan.

Kawasan Bukit Bangkirai juga kaya akan anggrek alam yang tumbuh secara alami di pepohonan yang masih hidup maupun yang sudah mati. Sedikitnya ada 45 jenis anggrek yang dapat dijumpai di kawasan ini, diantaranya adalah Anggrek Hitam (Coelegyne pandurata) yang sangat terkenal dan menjadi salah satu maskot Kalimantan Timur. Selain pembudidayaan anggrek-anggrek alam, juga dilakukan pengembangan anggrek silangan seperti Anggrek Kala, Anggrek Apple Blossom dan Anggrek Vanda. Selain kebun anggrek, kawasan wisata alam ini juga dilengkapi dengan kebun buah-buahan seluas 4 hektare.

Untuk menjaga keutuhan dan kelestarian pohon bangkirai di kawasan ini, pihak pengelola Bukit Bangkirai menawarkan program Adopsi Pohon kepada para sponsor atau donatur untuk menjadi "orangtua asuh" bagi pohon-pohon bangkirai yang dikehendaki. Saat ini pengadopsian pohon tersebut banyak dilakukan oleh pihak VIVO JICA Japan. Anda tertarik untuk mengadopsi sebuah pohon? Datanglah ke Bukit Bangkirai, berekreasi sambil melestarikan alam.




Sumber dari :http://nuansa2011.blogspot.com/2011/05/canopy-bridge-jika-anda-ingin-berwisata.html

Google Ping

Selasa, 24 Maret 2015

Teringat Pendakian Gunung Merbabu

Sudah tidak terasa ternyata umur ini sudah tua, ketika membuka-buka file kebetulan saya menemukan sebuah foto yang sangat usang namun masih teringat jelas sebuah kenangan tentang pendakian gunung merbabu sekitar 15 tahun yang lalu. Yups, foto di samping ini adalah foto usang jamannya masih pakai klise dan harus cuci cetak untuk melihat hasil dari jepretannya. Kalau tidak salah sekitar tahun 1999 gambar tersebut di ambil, karena memang sudah lama maka perlu di scan untuk mendapatkan file digitalnya dan sayapun sudah lupa dimana letak menyimpan klise aslinya mungkin sudah hilang karena sudah lama sekali. hehe

Waktu itu adalah acara pertama kali pendakian gunung di alam bebas, saya teringat sekali ketika adanya acara Wajib Gunung di Gunung Merbabu yang di adakan oleh sebuah organisasi pecinta alam di sekolah kampus (SHC), ya... untuk bergabung dalam sebuah club pecinta alam tersebut maka setiap anggota di wajibkan mengikuti namanya Wajib Gunung, yaitu sebuah acara pendakian yang di dalam acara tersebut terdapat sebuah pengukuhan sebagai anggota club. Karena merupakan acara perdana acara tersebut di ikuti oleh sekitar 100 orang(angkat tepatnya lupa), ya mungkin pendakian dengan jumlah peserta banyak waktu itu. Dengan bantuan 2 mobil truk angkutan TNI jumlah semua peserta tersebut di angkut melalui jalur pendakian merbabu melewati kopeng. Sampai-sampai dalam bak truk jejal dan sesak oleh para peserta, dan ban truk mengalami bocor.

Sesampainya di kaki gunung terasa air yang sangat dingin sekali,sampsi ketika saya mengambil air wudhu saja badan terasa menggiggil, namun saya juga sempat heran dengan salah satu teman saya yang mandi di situ.  Cerita ini sangat usang sebenarnya hingga saya tidak bisa mengingat lagi bagian-bagian terpenting lainya. namun ada beberapa hal yang saya ingat yakni ketika moment pengambilan foto tersebut yaitu ketika pagi hari setelah melewati sunrise, karena hawa di atas gunung yang sangat dingin maka muncul sebuah ide foto bersama dengan telanjang dada. Nampak dalam foto tersebut dengan backround rerumputan dan bunga edelweis yang masih terselimuti oleh kabut. Dari kegiatan tersebut banyak lho yang tidak sampai ke puncak, soalnya waktu itu rata-rata banyak peserta baru yang masih minim pengalaman naik gunung dan akhirnya juga tidak bisa di paksakan.

Itulah masbro sedikit pengalaman ketika pendakian ke gunung merbabu, sebenarnya ada lebih banyak lagi pendakian di gunung lawu, sindoro, gunung sumbing, merapi namun kebanyakan minim foto. Oke, nanti kalau dapet foto lagi mengenai kenangan ketika naik gunung akan saya share deh bye.. bye...


Google Ping

Minggu, 15 Maret 2015

Beberapa Helm Lucu Dan Unik

Ketika jalan-jalan sama mbah gogel saya nemuin gambar helm yang lucu dan unik ini. Yups helm memang wajib di pakai di saat kita mengendarai sepeda motor, baik di jalan raya, aspal geronjal ataupun di jalan pedesaan. Terkadang anak-anak muda jaman sekarang cepat merasa bosan ketika melihat helm yang standar atau model yang itu-itu saja, dari tangan kreatif muncullah ide-ide membuat helm yang unik dan lucu berikut ini foto-fotonya;

  1. Helm bentuk tengkorak


Sekilas bentuknya sangat unik, dan menyerupai bentuk tengkorak asli. Lekuk-lekuk bentuk tulang di buat sedemikian rupa sehingga mirip dengan tengkorak manusia. 








2. Helm berbentuk  otak
Dari bentuk helm yang standar dengan di buat lukisan menyerupai otak kepala manusia bagian kanan dan kiri.





3. Helm berbentuk biji-bijan
Mungkin terinspirasi kesukaan akan biji-bijian kali ya, sehingga membuat sebuah helm yang menyerupai biji-bijian





4. Helm berbentuk kepala manuisa botak
Helm ini sangat mirip dengan kepala plontos tanpa di tumbuhi satu rambutpun. Bagi yang tak mengetahui bisa jadi orang mengira kepala beneran tanpa ada helmnya.







5. Helm bergambar bola billiard
Kalau ini sepertinya terinspirasi dari sebuah hobi main billiar deh, atau jangan-jangan karena hoki nomor 8






6. Helm Bermotif semangka
Helm motif semangka, hehe bisa jadi ide ini muncul ketika mau beli semangka, atau jangan-jangan pesanan dari bakul semangka.








7.  Helm kepala Hulk
Jelas kartunis helm berbentuk kepala hulk si superhero















Google Ping

Sabtu, 14 Maret 2015

Hati hati Modus Penipuan Jebak Narkoba

Kali ini saya mau share tentang modus penipuan tentang grebekan narkoba yang di alami oleh istri teman saya. Belum tahu apakah modus seperti ini termasuk baru atau bukan yang jelas korban telah tertipu senilai Rp 300000,- hasil dari ngutang tetangga.

Kronologis ceritanya seperti ini, Kira jam 14:15 tanggal 14 Maret 2015

Siang itu saya baru asik berselancar sama mbah google, kemudian teman Ariyanto(istri korban) saya berada di luar ruangan sambil bercandaan bersama teman yang lainnya. Ketika lagi asik bercandaan, teman saya tadi tiba-tiba di telpon istrinya yang di rumah, di lihat dari nada bicara dan tingkahnya seolah panik seperti ada sesuatu. Terlihat Ariyanto mondar mandir sambil memegang handphone yang masih menempel di telinga, sambil menanyakan kejadian, tempat nya dimana, tiba-tiba teriak 'narkoba' ke lawan bicaranya.

Mendengar nada bicara seperti itu saya pun kaget, sambil ngomel ngalor ngidul Ariyanto sempat kami tentang kejadian apa yang telah terjadi. Kemudian masih terlihat panik, ngomong kalau anaknya terkena jebak narkoba di hotel atas info dari istrinya yang di rumah dan minta tebusan uang agar bebas dari jeratan. Habis itu Ariyanto pulang kerumah menemui istrinya perihal kejadian tersebut. Ketika hendak mau pulang kami sempat mengingatkan "pastikan dulu, temui istrimu hati-hati dengan penipuan"

Setelah sampai di rumah Ariyanto mendapati rumahnya ramai dengan banyak tetangga yang ngumpul di situ. Kemudian dia menyempatkan telepon anaknya yang memang lagi kerja di hotel, ternyata di angkat dan dia nya tidak apa-apa (modus).

Kronologis kejadian si pelaku dengan cepat memanfaatkan situasi panik istri Ariyanto yang mendapatkan kabar seperti itu. Dari penuturan yang di sampaikan ke kami, ada poin-poin penting yang agak perlu di cermati

  • Pelaku menelpon istri Ariyanto, memberikan kabar kalau anaknya sedang terkena jebak gerebegan narkoba di hotel
  • Pelaku mengabarkan bahwa anaknya bisa bebas dengan tebusan sebesar 20 juta rupiah
  • Korban merasa panik, dan merasa tidak mampu membayar uang sebesar itu
  • Pelaku menurunkan jumlah uang tebusan menjadi Rp 1 juta 
  • (merasa korban ga punya uang) pelaku meminta di ganti pulsa, sebisanya dulu
  • Korban yang masih panik, dan di bantu pinjaman dari tetangga mencari counter hp dan membelikan pulsa senilai 100 ribuan hingga 3 kali ke nomor hp pelaku.
Merasa ada yang janggal Ariyanto meminta hp  yang di bawa oleh istrinya, tak berapa lama lagi telepon berdering, dan pelaku meminta kekurangan dari uang tebusan yang di minta. Namun hal itu di tanggapi oleh Ariyanto  dengan meminta ketemuan di kantor polisi, namun cuma di tanggapi 'ya' oleh pelaku. Dan selang beberapa menit, nomor tersebut tidak di angkat ketika di telepon, nomor pelaku yang di pakai juga tidak aktif beberapa menit kemudian.

Melihat kejadian seperti itu, saya sempat berpikir bahwa beberapa kejadian penipuan yang hampir-hampir mirip juga sering terjadi baik itu di berita online atau yang kadang pernah di alami beberapa teman saya yang lain. Ada dengan modus kecelakaan lalu lintas dari anggota keluarga kita, modus kena tilang polisi dari anggota keluarga, modus mama minta pulsa, modus undian berhadiah, dan beberapa modus lainnya. Dengan saya share artikel ini semoga mengingatkan kita akan modus-modus penipuan yang sering terjadi belakangan ini sehingga kita tidak terpancing dalam kepanikan yang di buat oleh pelaku penipuan. Saran admin sih harus di pastikan dahulu kalau menerima berita atau kabar yang kurang jelas asalnya.

Google Ping

Minggu, 08 Maret 2015

Mainan Anak Yang Ngetren di Tahun 90 an

Nggak seperti jaman sekarang di mana jenis-jenis mainannya semakin canggih dan mempunyai remote, anak-anak tahun 90-an memiliki permainan unik yang nggak kalah seru dengan permainan jaman sekarang loh. Jenis-jenis permainan yang sedikit agak modern yang sempat booming waktu itu, seperti game watch. Anak gaul tahun 90-an pasti tahu mainan berikut ini
grin emoti
Mainan apa yang ngetrend di jaman tahun 90 an? Share dong sama Blojir!


KAPAL OTOK-OTOK
Kapal otok-otok adalah mainan kapal-kapalan yang dinyalakan dengan menggunakan minyak tanah dan kapas sebagai bahan bakarnya. Nama otok-otok sendiri di dapat karena suara yang dikeluarkan mainan ini berbunyi ‘otok-otok’. Biasanya cara memainkan kapal otok-otok adalah dengan menaruhnya di baskom yang telah diisi air.  Di beberapa pasar tradisional kapal mainan ini masih sering di jumpai walau tidak ramai seperti dahulu. Jenis permainan ini sangat melegenda terbukti banyak yang mengenalnya terutama yang lahir di era tahun 80-an dan 90-an



TAMAGOCHI

Dalam permainan tamagotchi kamu akan mengurus hewan yang telah kita pilih dari kecil sampai dewasa. Kamu diharuskan memberi makan, mengajaknya bermain atau jalan-jalan, dan kalau hewan tersebut sakit kamu harus memberikan suntikan agar sembuh. Yang membuat unik dari mainan ini adalah bentuk tubuh hewan yang akan berubah-ubah seiring dengan bertambahnya usia peliharaan tersebut.




GIMBOT

Mainan yang memiliki nama asli game watch ini merupakan mainan yang harganya tergolong mahal di masanya loh Toppers. Gimbot berisi aneka jenis game-game seru yang bisa kamu coba. Di antara sekian banyak permainan di dalam gimbot, permainan tetris lah yang paling banyak peminatnya




BP (BONGKAR PASANG)

BP atau kependekan dari bongkar pasang adalah mainan yang terbuat dari kertas yang berisi gambar orang-orangan (terutama wanita) beserta baju-baju dan aksesorisnya. Nah, cara memainkan BP cukup mudah, kamu tinggal memasangkan gambar baju-baju ke gambar orang-orangan tersebut. Biasanya sih cewek-cewek suka banget mengoleksi mainan ini apalagi kalau mainan BP bergambar tokoh kartun favorit mereka seperti sailormoon.






TAZOS

Mainan yang merupakan hadiah dari salah satu snack ini mendadak jadi idola di kalangan anak-anak tahun 90an karena memiliki gambar yang lucu dan seru dimainkan bersama teman-teman. Biasanya Tazos dimainkan dengan cara di adu atau di tos pakai tangan, siapa yang gambar tazosnya terbalik ke belakang maka dia lah yang kalah.




YOYO

Yoyo memang tergolong sebagai mainan yang membutuhkan latihan untuk bisa memainkannya dengan baik karena permainan yoyo memiliki banyak sekali teknik-teknik. Biasanya yoyo terbuat dari kayu, namun seiring perkembangan jaman bentuk yoyo mengalami perubahan, bahkan ada yoyo yang dapat menyala saat dimainkan.







TAMIYA

Wah kalau untuk anak-anak cowok, mainan tamiya sih merupakan mainan yang legendaris. Gimana nggak, dulu sampai ada loh lomba tamiya yang rutin di gelar di pusat perbelanjaan. Tamiya ini buka sekadar mainan mobil-mobilan loh Toppers, kamu bisa melakukan modifikasi agar Tamiya kamu semakin cepat saat balapan.



BALON TIUP

Mainan satu ini juga sangat digemari oleh anak-anak jaman dulu. Toppers akan diberikan semacam gel lengket dan peniup yang bentuknya mirip sedotan. Kamu tinggal meletakan gel tersebut diujung peniup lalu Toppers meniupnya hingga gel tersebut berubah menjadi balon



Sumber Fanspage Tokopedia

Google Ping

Sabtu, 07 Maret 2015

Ada Yang Kocak Dengan Tagar #SaveHajiLulung

Haji Lulung  yang merupakan wakil ketua DPRD Jakarta tiba-tiba membuat heboh jagat maya. Tagar #SaveHajiLulung pun mendunia, setelah konfik serius dengan Ahok sang Gubernur DKI Jakarta. Namun bukan permasalahan antara Ahok dan Haji Lulung yang membuat populer, namun karena candaan dan lelucon yang di buat oleh para netizen dan pegiat dunia maya.

Berikut ini kutipan dari JPNN dan beberapa tagar #SaveHajiLulung di twitter;

Haji Lulung ke mesir.. Firaun bangkit.. Mandi pagi.buat jadi tour guide nya #SaveHajiLulung

#SaveHajiLulung @deborahdewi: Mungkin Anda pernah dituding
egasandy: Luar biasa, berjiwa besar hahahaha "@kompascom: Lulung Tidak Marah soal#SaveHajiLulung

#SaveHajiLulung.... Orang se tolol, bodoh, dan gak punya etika koq bisa pimpin dewan ya..??

#SaveHajiLulung msh jg ampe skrg ya. Ckckck..... bikin gw ktawa ga brenti2. Hahaha....

#SaveHajiLulung Minum Kopi terasa Hambar, Makan kenyang terasa Lapar'

Tadi mendung mau hujan sekarang mendadak panas. Kerjaan haji lulung nih. Pasti haji lulung lagi mau jemur pakaian #SaveHajiLulung

OBAMA saja minjem UANG nya sama H LULUNG. #savehajilulung

Bukan cewek aja yg selalu benar,Haji lulung pun juga. #SaveHajiLulung
Haji lulung abis makan . Pencuci mulutnya pake batu gerinda #SaveHajiLulung

Pak Haji Lulung, kalau makan durian itu buahnya dibuang tapi kulitnya dimakan! #savehajilulung

haji lulung terlambat ke sekolah kepala sekolahnya yg muter lapangan 7x #SaveHajiLulung

Kalo Haji Lulung ke Alfamart, tukang parkir nya yang bayar belanjaan dia. #SaveHajiLulung

Kalo betis haji lulung kena knalpot motor, Knalpot motornya yang lecet #SaveHajiLulung

Mandi pagi” kedinginan, klo haji lulung yang mandi air nya yang ke dinginan #SaveHajiLulung

Baru mikir pengen ngtweet #SaveHajiLulung eehhh dah ngtweet sendiri

Haji Lulung mau Qurban, Sapi sama Kambingnya langsung Bunuh Diri #SaveHajiLulung

Kalo Haji Lulung sakit terus berobat ke dokter, dokternya yg disuntik hahaha #savehajilulung

Haji lulung sholat, imam jadi makmum #SaveHajiLulung

Kalo haji lulung sakit…rumah sakitnya yang nyamperin haji lulung :(( #SaveHajiLulung

Warga Teriak maling, maling nya haji lulung, warga langsung kasih benda berharga :v #SaveHajiLulung

Haji lulung nebang hutan pake silet, Haji lulung bikin kambing guling pake 1 lilin #SaveHajiLulung

Ada vampir lagi cari mangsa, eh nemu orang. Ternyata haji lulung, vampirnya yg lngsung minta ampun & dihisap darahnya haha.. #SaveHajiLulung

Haji lulung pengen liat sunset padahal ini masih pagi. Matahari tiba2 langsung di ufuk barat. #SaveHajiLulung

Haji lulung kalo mancing, ikannya yang berebut minta dipancing #SaveHajiLulung

Jika upaya BASARNAS tidak mampu menemukan jodohmu, cobalah minta #SaveHajiLulung carikan jodoh. Status jomblomu pasti berakhir.

Haji lulung pengen foto sama Patung Liberty, mendadak patungnya selfie #SaveHajiLulung

Haji Lulung minum kopi, kopinya langsung bening. #SaveHajiLulung

Haji Lulung bisa buka twitter pake kalkulator #SaveHajiLulung

Haji Lulung ketemu setan, setannya langsung dzikir. #SaveHajiLulung

Haji lulung kesurupan setan, setannya yg dirukiyah!! #SaveHajiLulung

Haji lulung kalo jerawat & mau beli obat ke apotek , obat nya belom sempet dibeli jerawat nya langsung ngilang #SaveHajiLuLung

Haji lulung pgn mandi, kamar mandinya yg nyamperin #SaveHajiLulung

Haji lulung mau berenang, airnya pada minggir takut ngalangin… #savehajilulung

Haji lulung sarapan roti, roti nya yg ditaburin ke mesis #SaveHajiLulung

Haji Lulung kalau mau pakai sepatu, sepatunya yg nyamperin kakinya wkwkwk #SaveHajiLulung

Pagi ini Haji lulung digigit nyamuk, nyamuknya yang DB #SaveHajiLulung

Haji lulung gosok batu akik, akiknya jadi berlian #SaveHajiLulung

Haji lulung pgen selfie sma CR7, CR7 yg nyamperin Haji lulung buat selfie bareng. #SaveHajiLulung

Haji Lulung bimbingan #skripsi sama dosen, dosennya malah dibimbing #skripsi sama haji lulung #SaveHajiLulung

Tau ga kenapa haji lulung ga ke kantor DPRD beberapa hari ini??? Ya kantor nya yg datang ke haji lulung #SaveHajiLulung

Malin kundang jadi batu karena diplototin sama Haji Lulung, cuma butuh semalam langsung keras #SaveHajiLulung

Haji lulung naek angkot, keneknya yg dimintai bayaran #SaveHajiLulung

Referensi http://www.jpnn.com/read/2015/03/07/291034/Yuk-Ngakak...Ini-Kicauan-Terkocak-tentang-_SaveHajiLulung

Kamis, 05 Maret 2015

Menjual Buah di mobil


Saat ini, ide kreatif sangat di butuhkan dalam menjalankan usaha. Meskipun jenis usaha tersebut bukanlah hal yang baru, sebut saja menjual buah. Tentu sudah umum kita temukan para pedagang buah yang berjualan di pasar, kios buah dan pinggiran jalan. Namun saat ini muncul ide baru untuk berjualan buah menggunakan mobil bak terbuka, dan tentunya menjual buah di mobil mempunyai banyak keunggulan dan masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan.


Di bandingkan dengan menjual kios buah di pinggiran jalan, menjual buah di mobil juga tidak kalah menjanjikan. Berbeda dengan menjual buah di kios yang menunggu pembeli,menjual buah di mobil justru kita yang mencari dan mendatangi pelanggan. Dengan demikian kita bisa lebih tahu wilayah mana saja yang sering membeli buah kita dan wilayah mana yang jarang terjadi penjualan.


Target pasar penjual buah di mobil juga berbeda dengan penjual buah di kios, pedagang buah di mobil lebih menargetkan buah eceran. Artinya penjualan dalam jumlah sedikit, umumnya pedagang buah di mobil mebuat paket atau kemasan sendiri dengan harga terjangkau. Seperti buah lengkeng yang dijual dalam kemasan Rp 5.000, jeruk yang di kemas dengan harga Rp 5.000 yang berisi 3-4 buah jeruk. Ini mempermudah penjualan dan membuat harga menjadi "terang" di bandingkan dengan pedagang buah yang menjual kiloan.


Memulai usaha menjual buah di mobil

Seperti namanya, menjual buah di mobil tentu saja membutuhkan sebuah mobil pick up sebagai sarana pengangkutan. Mobil ini tidak selalu harus baru, namun yang penting bisa jalan dengan baik dan layak. Mobil yang di pakai memang sebaiknya mobil bak terbuka, namun jika yang kita miliki hanya mobil pribadi (tertutup) juga masih bisa kita gunakan. Tentunya kita mesti membuka pintu belakang secara luas dan mencopot beberapa kursi belakang untuk di jadikan etalase buah-buahan kita.

Buah-buahan bisa kita dapatkan dengan harga murah di pasar induk Kramat Jati dan juga sentra sentra buah bila sedang musim buah tertentu. Saat ini yang menjadi primadona buah-buahan adalah buah impor, meskipun sebetulnya impor buah sudah di batasi agar petani buah kita bisa hidup lebih baik. Namun masyarakat lebih banyak memilih buah impor ketimbang buah lokal walaupun kwalitasnya sering lebih baik buah lokal. Ini di karenakan tampilan buah impor yang lebih besar, berwarna dan menggiurkan walau dari segi gizi lebih baik buah lokal kita.

Sebagai pedagang buah tentunya kita mesti mengenali keinginan masyarakat, buah impor mungkin bisa kita jadikan barang jualan. Sedangkan buah lokal biasanya ada musimnya dan bisa juga kita jadikan barang jualan yang bagus saat musimnya tersebut.

Masyarakat kita memang masih sedikit dalam mengkonsumsi buah-buahan, dan konsumsi buah-buahan kita terus meningkat. Untuk itu saatnya kita mesti mendekatkan buah-buahan jualan kita pada masyarakat, saatnya kita jemput pembeli bukan hanya menunggunya. Dan yang pasti, menjual buah di mobil bebas dari gusuran. Saat trantib mendekat, kita bisa langsung tancap gas. Salam UKM.  SUMBER http://ukmkecil.com/peluang-usaha/menjual-buah-di-mobil







Google Ping